Pindah ke Rumah Baru, Perhatikan Shio dan Aturan Feng Shui

Setelah pindah ke rumah baru, ada saja yang mengalami gangguan kesehatan, usaha menjadi turun, cekcok yang keras dalam keluarga, dan sebagainya. Mengapa ini bisa terjadi?

Pindahan rumah - rumahhokie.com
Foto: Dok. RumahHokie.com

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Pindah rumah merupakan hal besar dan terkadang jadi pengalaman yang mendebarkan. Setiap orang akan berpikir, apa yang akan terjadi dengan menempati rumah baru tersebut? Apakah menjadi lebih menyenangkan atau membosankan?

Semua harapan tentu saja menginginkan mendapat Keberuntungan yang lebih besar. Tetapi jangan salah, beberapa keluarga terkadang mengalami hal sebaliknya.

Baca Juga: Bagaimana Bentuk Rumah yang Baik Menurut Feng Shui?

Setelah pindah ke rumah baru, ada saja yang mengalami gangguan kesehatan, usaha menjadi turun, cekcok yang keras dalam keluarga, dan sebagainya. Untuk itulah ketika memutuskan pindah rumah harus diperhitungkan secara matang.

Dalam ilmu feng shui, sebuah bangunan akan memulai energi baru, akibat adanya persatuan antara Dian (langit), Di (bumi), dan Ren (manusia).

Manusia yang pindah dan rumah yang akan ditempati merupakan dua faktor, sedangkan dimensi waktu adalah faktor Dian. Ketika ketiganya bertemu, maka energi Chi akan mulai mengalir di dalam rumah. Menurut istilah feng shui rumah itu ‘lahir’.

Baca Juga: Tips Memperoleh Kenyamanan Ketika Pindah Rumah

Ruangan yang ditata secara nyaman, teratur, rapi dan bersih memberikan sumbangan yang terbesar bagi keberhasilan orang ketika menempati rumah baru. Ini tidak berarti rumah itu harus besar.

Jika rumah baru ini pertama kali ditempati adalah waktu ketika ‘bangunan lahir’. Maka tentu saja faktor ketiga (waktu) sangat penting. Dengan mengandalkan waktu yang tepat, artinya waktu ketika bangunan itu memiliki energi positif yang terbaik pada bulan atau tahun itu.

Pertemuan Dian + Di + Ren diperhitungkan dengan dua faktor perhitungan. Pertama adalah dengan menentukan hari baik pada saat perpindahan dilakukan.

Pasangan Shio Konflik
Mencari hari baik tentu saja tidak mudah. Tapi kita bisa menentukan hari pantangan untuk pindah. Di sini kita tentukan Shio kepala keluarga, agar pada saat pindahan itu bukan pada hari Chong (konflik) dengan Shio-nya.

Pertama, sebaiknya kita tidak pindah pada tahun, bulan, dan hari yang konflik dengan diri kita sendiri.

Ada 6 pasangan Shio yang saling konflik, yaitu:
Naga konflik dengan Anjing (Bulan Anjing = Oktober)
Ular konflik dengan Babi (November)
Kuda konflik dengan Tikus (Desember)
Kambing konflik dengan Kerbau (Januari)
Monyet konflik dengan Harimau (Februari)
Ayam konflik dengan Kelinci (Maret)
Anjing konflik dengan Naga (April)
Babi konflik dengan Ular (Mei)
Tikus konflik dengan Kuda (Juni)
Kerbau konflik dengan Kambing (Juli)
Harimau konflik dengan Monyet (Agusutus)
Kelinci konflik dengan Ayam (September)

Baca Juga: Peruntungan di Tahun Anjing Tanah 2018 dan Cara Mengatasinya

Untuk amannya, kita bisa ambil dari setiap bulan antara tanggal 8 hingga 3 bulan berikutnya, maka kita akan memenuhi persyaratan pindah rumah. Jika Anda akan memperhitungkan suami-isteri, bahkan anak-anak yang akan pindah, bisa juga diambil bulan dan hari yang tidak konflik dengan mereka.

Untuk menentukan hari apa, diperlukan Kalender peruntungan Tung Shu (penanggalan Hsia) yang tersedia di toko-toko buku.

Waktu yang Cocok untuk Pindah
Dengan menghindari tahun, bulan, dan hari yang konflik, maka selanjutnya kita mendapatkan bulan atau hari yang tidak konflik. Waktu itu dinamakan hari yang bermanfaat.

Selanjutnya kita bisa memilih dari bulan dan hari yang tersisa itu, yaitu yang baik untuk kita, dalam feng shui dikenal istilah He (harmonis) atau Hap:
Naga dengan Ayam
Ular dengan Monyet
Kuda dengan Kambing
Babi dengan Harimau
Tikus dengan Kerbau
Kelinci dengan Anjing.

Misalnya, jika pindah di Tahun Naga, mereka yang He adalah yang ber-shio Ayam, jika ini bulan Juni (bulan Kambing), maka yang he adalah mereka yang ber-shio Kuda.

Baca Juga: Tahun Anjing Tanah 2018: Shio Apa yang Beruntung?

Bagaimana menentukan jam pindah rumah? Ini lebih sederhana, yaitu dengan cara menghindari jam yang konflik dan mengambil jam yang He/Hap, sebagai berikut:

Jam 05:00 – 06:59 = Jam Kelinci
Jam 07:00 – 08:59 = Jam Naga
Jam 09:00 – 10:59 = Jam Ular
Jam 11:00 – 12:59 = Jam Kuda
Jam 13:00 – 14:59 = Jam Kambing
Jam 15:00 – 16:59 = Jam Monyet
Jam 17:00 – 18:59 = Jam Ayam.

Jam pindah malam atau dini hari (subuh) kecil kemungkinan dipakai orang untuk pindah rumah. Jadi di artikel ini tidak dibuat daftarnya.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda