Ragam Pelapis Finishing untuk Kayu Olahan Pada Material Furnitur

Seiring dengan kemajuan teknologi yang bisa menghasilkan beragam jenis kayu olahan, maka bervariasi pula model pelapis untuk finishing-nya.

jenis finishing kayu olahan
(Foto: moderapartisi)

RumahHokie.com (Jakarta) – Demi menjaga kualitas dan tampilannya, jenis kayu olahan seperti papan Medium Density Fiber Board (MDF) ataupun multipleks, haruslah diberi pelapis khusus, yakni varnish dalam proses finishing.

Kayu olahan yang umumnya digunakan sebagai material dasar pembuat furnitur dan elemen bangunan, seperti pintu rumah dan kusen, itu akan semakin awet dan indah tampilannya ketika diberi pelapis varnish.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang bisa menghasilkan beragam jenis kayu olahan, maka bervariasi pula model pelapis-nya.

Baca Juga: Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Material Papan Kayu MDF

Penggunaan jenis-jenis finishing itu juga disesuaikan dengan tampilan yang Hokie People kehendaki. Ada yang berjenis finishing transparan maupun pelapis kayu olahan non transparan

Oleh karena itu, sebaiknya Hokie People mengenal terlebih dahulu ragam finishing varnish sesuai dengan material kayu olahan. Simak penjelasannya berikut ini!

Pelapis kayu olahan jenis melamik
Termasuk dalam kategori finishing transparan, zat pelapis kayu melamik cocok diterapkan untuk furnitur karena memberikan tampilan akhir yang natural sekaligus rapi. Finishing jenis ini diterapkan guna menonjolkan keindahan alami serat kayu.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Noda di Meja Kayu Jati dengan Mudah

Melamik dibuat dari resin amino dan alkyd. Kedua jenis bahan itu akan bereaksi menjadi keras jika terkena zat asam. Oleh karena itu, melamik harus ditambahkan hardener atau biasa disebut ‘obat’ sebelum diaplikasikan.

Pelapis kayu olahan jenis natural wax
Masih termasuk kategori finishing transparan, pelapis natural wax menjadi pilihan tepat jika Hokie People ingin menampilkan karakter serat kayu yang natural. Natural wax biasanya hadir dipasaran dengan bentuk pasta.

Berbeda dengan pelapis melamik, jenis finishing kayu olahan dengan natural wax tidak mengeluarkan bau yang tajam dan terbuat dari bahan non-toxic.

Pelapis jenis cat duco
Ada kalanya serat pada material kayu olahan tampil tidak sempurna. Nah, untuk menutupi ketidaksempurnaan itu, Anda bisa menggunakan cat duco sebagai finishing-nya. Efek solid yang ditampilkan jenis pelapis kayu ini  mampu menutupi serat kayu yang kurang sempurna.

Baca Juga: Bermaterialkan Kayu Solid, Kursi Ini Mengikuti Lekuk Badan Penggunanya

Aplikasi finishing yang termasuk dalam kategori non-transparan tersebut tidak hanya akan meningkatkan pesona kayu olahan, namun juga menambah kekuatan dan kekokohan material dasarnya.

Pelapis jenis veneer
Terbuat dari bahan dasar serat kayu asli, finishing jenis veneer tetap menghadirkan tampilan kayu yang alami, meskipun tidak memberikan efek transparan. Lapisan veneer yang sangat tipis membuat proses finishing perlu dilakukan dengan hati-hati, sehingga tidak merusak lapisan veneer tersebut.

Jadi, jangan sampai salah pilih jenis pelapis kayu untuk furnitur Anda ya, Hokie People!

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda