Rancangan Eco Resor di Srilanka Ini Tawarkan Sensasi Alam Bebas

Terletak di Taman Nasional Yala, Srilanka, arsitektur Eco Resor ini banyak mengadopsi nilai-nilai ramah lingkungan dan kearifan lokal.

Bentuk bangunan Wild Coast Tented Lodge merujuk pada formasi alami di lansekap Taman Nasional Yala. (Foto: Inhabitat)

RumahHokie.com (Srilanka) – Sebuah resor di Sri Lanka dirancang dengan mengadopsi konsep-konsep yang ramah lingkungan. Dirancang oleh Nomadic Resorts dan Bo Reudler Studio, penginapan Wild Coast Tented Lodge memiliki arsitektur organik yang berada di hutan taman nasional.

Terletak di Taman Nasional Yala, arsitektur Wild Coast Tented Lodge terdiri dari kumpulan bangunan berbentuk tempurung.

Dilansir dari Inhabitat, sang perancanganya membuat arsitektur resor tersebut dengan meniru bentuk batu raksasa yang tersebar di  Taman Nasional Yala serta kontur alam tempat tersebut.

Baca Juga: Konsep Kontemporer Eco Living Ala Aviary Hotel Di Bintaro

Pengunaan material bambu dalam konstruksi menghasilkan bangunan yang dapat ‘bercampur apik’ dengan hutan alami di sekitarnya. (Foto: Inhabitat)

Bangunannya didominasi oleh lengkungan dengan bentuk elips yang disusun dalam enam masa bangunan. Rancangan itu menghasilkan ceiling tinggi dan bukaan besar, sehingga mampu menghadirkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami yang baik.

Dengan rancangan seperti itu pula, orang-orang yang berada di dalam ruangan bangunan dapat dengan bebas menikmati pemandangan alam yang asri, tanpa terhalang apapun.

“Penginapan bintang lima ini dirancang untuk memberi pengunjung pengalaman intim bersama alam, merayakannya dengan flora, fauna dan budaya daerah dengan sedikit gangguan pada lansekap, ” ujar juru bicara Nomadic.

Nomadic Resorts  banyak menggunakan material alami, seperti bambu lokal untuk digunakan di dalam konstruksi bangunan Wild Coast Tented Lodge. Rancangan resor  tersebut menggunakan struktur dari bambu yang dilapisi dengan atap sirap.

Baca Juga: Sensasi Bermalam di Whiz Capsule Hotel Trawas Mojokerto

Selain bambu, resor yang mulai beroperasi pada November lalu ini juga menggunakan material lainnya, seperti tembaga, kuningan, dan terrazzo.

Tak hanya menggunakan material yang ramah lingkungan, eco resor ini pun memperhatikan konsumsi energi mereka. Hal itu bisa terlihat dari panel energi surya yang mereka pakai untuk menyediakan 40% kebutuhan energi listrik.

“Pengaruh kearifan lokal merupakan bagian integral dari proyek ini. Kami juga mengadopsi dari tradisi vernakular serta melibatkan peran masyarakat sekitar,” tambah juru bicara Nomadic.

Bagi anda yang berminat bermalam di resor ini bisa memilih tipe kamar, antara Cocoon Pool Suite dan Cocoon Suite. Tarif kamar di resor Wild Coast Tented Lodge Srilanka dibandrol mulai dari USD354 (atau setara dengan Rp4,8 Juta) per malam.

Apakah anda sudah menyiapkan rencana berlibur di akhir tahun? Jika belum, mungkin mampir ke resor mewah di Sri Lanka ini akan menambah pengalaman liburan anda bersama keluarga.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda