Resep Iwan Sunito Dorong Kenaikan Harga Properti Besutan Crown

Strategi tersebut terbukti mampu meningkatkan capital gain hingga 100% dalam beberapa tahun.

iwan-sunito-ceo-crown-group-baru-rumahhokie-anto-erawan-dok2
Iwan Sunito, CEO Crown Group (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sangat penting bagi para pengembang untuk melihat arah kebijakan pembangunan dari pemerintah sebelum memutuskan untuk membangun sebuah proyek hunian atau kawasan.

“Informasi seperti ini menjadi sangat penting, khususnya bagi para calon investor yang memang menghendaki pertumbuhan nilai hunian dari setiap investasi yang mereka lakukan,” jelas Iwan Sunito, CEO Crown Group, pegembang yang berbasis di Sydney, Australia.

Baca Juga: Rambah Indonesia, Crown Group Bangun Proyek Perdana di Ancol

Iwan Sunito memberi contoh beberapa proyek yang dibesut Crown Group di Sydney, Australia.

“Saat mengembangkan proyek di Parramatta 2012 silam, kami melihat arah kebijakan pembangunan pemerintah New South Wales mengarah ke kawasan barat Sydney. Itulah sebabnya kami memutuskan untuk membangun kampung vertikal di Parramatta, yaitu V by Crown Group,” tutur Iwan.

Baca Juga: Makin Agresif, Crown Group Siapkan Proyek di Indonesia dan Amerika Serikat

Strategi tersebut, imbuhnya, terbukti bisa peningkatan harga secara signifikan.

“Dari harga jual pada saat itu sebesar Rp5,75 miliar untuk apartemen tipe dua kamar tidur, saat ini harganya sudah mencapai Rp11,73 miliar, atau naik 104%,” tambah Iwan. “Sementara tipe satu tempat tidur, semula Rp4,67 miliar, saat ini harganya mencapai Rp7,62 miliar, atau naik 63% dalam kurun waktu lima tahun.”

Eastlakes Live by Crown Group
Iwan mengatakan, strategi serupa dipakainya untuk membangun ulang Eastlakes Town Centre menjadi Eastlakes Live by Crown Group yang digadang menjadi sebuah hub baru nan ikonik di kawasan tersebut.

“Di sana, kami juga melihat arah kebijakan pemerintah untuk membangun sarana transportasi baru. Inner West Light Rail Train di area Kensington/Kingsford sudah dimulai proses pembangunannya pada Januari 2018. Dan hal ini nantinya yang akan semakin membuat warga Eastlakes semakin mudah bergerak dan semakin terhubung dengan kawasan lainnya termasuk CBD,” paparnya.

Baca Juga: Crown Group Optimistis Eastlakes Live Bakal Diminati Investor Indonesia

Saat ini, kisaran harga hunian vertikal di kawasan tersebut berada di kisaran Rp6 miliar untuk apartemen satu kamar tidur. Namun tidak menutup kemungkinan ketika sistem Light Rail sudah terealisasi, harga tersebut akan melonjak.

“Satu hal yang juga penting bagi para investor asal Indonesia yang tertarik membeli unit di Eastlakes Live by Crown Group adalah, kawasan Eastlakes sangat dekat dengan Kampung Indonesia. Di area ini pun banyak restoran Indonesia yang tersebar di sekitar kawasan Kingsford – Randwick, seperti Ayam Goreng 99, Shalom Indonesian Restaurant, Jimbaran Restraurant dan Ubud,” tutup Iwan.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda