RumahHokie.com Luncurkan Aplikasi Mobile Berbasis Android untuk Mudahkan Broker Properti

Dibuatnya aplikasi mobile RumahHokie.com bertujuan agar para agen properti lebih cepat dan mudah membuat iklan (listing) dalam memasarkan propertinya.

RumahHokie.com Luncurkan Aplikasi Mobile
General Manager RumahHokie.com saat menunjukan aplikasi mobile untuk android, Kamis, (20/09/2018) di The Breeze, BSD City, Tangerang. (Foto: Adhiya Putra - RumahHokie.com)

Serpong, 20 September 2018 – Guna mempermudah para member agent dalam memasarkan properti, situs RumahHokie.com meluncurkan aplikasi berbasis Android, Kamis (20/9/2018).

Peluncuran ini dilakukan berbarengan dengan acara Hokie Talkie ke-2 yang berlangsung di Dermaga Seafood, The Breeze, BSD City, Tangerang.

Dalam sambutannya, Patricia Irawati, General Manager RumahHokie.com menjelaskan, tujuan dibuatnya aplikasi tersebut agar para agen properti lebih cepat dan mudah membuat iklan (listing) dalam memasarkan propertinya.

“Saat ini memang telah cukup banyak situs properti di Tanah Air, namun sebagian besar pemainnya justru dari mancanegara. RumahHokie.com merupakan salah satu dari sedikit situs properti lokal yang ada di Indonesia,” ungkapnya. “Dan perlu digarisbawahi, bahwa agen properti dapat memasang listing secara gratis di RumahHokie.com.”

Lebih lanjut, Patricia menuturkan, aplikasi mobile RumahHokie.com bisa menampilkan rekomendasi listing-listing di area sekitar lokasi pencarian.

“Misalnya, konsumen mencari rumah di kawasan Kota Wisata, maka aplikasi RumahHokie.com akan merekomendasikan listing-listing di perumahan sekitar, seperti Legenda Wisata, CitraGran, dan Cileungsi,” urainya.

Kelebihan lain dari aplikasi ini, pemasangan listing mudah dan cepat: cukup satu langkah. Caranya lebih simpel dibanding aplikasi milik kompetitor yang harus melalui beberapa langkah saat memasang listing.

Untuk kepentingan SEO (search engine optimization) dan pencarian listing via Google, listing juga dilengkapi fitur tagging yang bisa diisi dengan keyword-keyword tertentu yang potensial dicari calon konsumen

“Selain itu, listing juga bisa langsung di-share melalui akun sosial media dan WhatsApp,” ujarnya.

Selain menampilkan listing properti, fitur-fitur lain yang dibenamkan dalam aplikasi ini di antaranya berita properti, kalkulator simulasi KPR, serta menu pencarian agen properti.

“Agen properti dapat mengunduh aplikasi Android RumahHokie.com via PlayStore. Dalam waktu dekat, kami juga akan meluncurkan layanan serupa untuk perangkat berbasis iOS,” pungkas Patricia.

Talk Show dengan Tema “Kriminalisasi Agen Properti”
Selain meluncurkan aplikasi mobile, di acara Hokie Talkie 2 ini RumahHokie.com juga menggelar talk show bertema “Kriminalisasi Agen Properti” dengan narasumber Irmik, SH. MH., yang menjabat Anggota Majelis Pengawas Wilayah Notaris Jawa Barat.

Dalam pemaparannya, Irmik mengatakan, tidak banyak broker yang menyadari konsekuensi hukum yang bisa diterimanya saat lalai dalam proses pemasaran properti. Tak hanya perdata, ternyata agen properti bisa juga terjerat pidana.

“Ada beberapa kasus hukum yang sering menjerat broker, seperti Pasal 263 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pemalsuan surat-surat.

Hal ini, imbuhnya, bisa terjadi saat akta di bawah tangan yang digunakan broker untuk memasarkan properti ternyata merugikan konsumen.

“Akta di bawah tangan ini termasuk brosur dan surat penawaran. Jadi, jika terjadi ketidaksesuaian informasi, seperti luasan unit, jadwal penyelesaian proyek, fasilitas, penggunaan perabot dengan merek-merek tertentu, dan lain-lain—dan semua itu tertulis di dalam brosur atau surat penawaran—maka broker bisa dijerat dengan KUHP,” papar Irmik.

Dia mengatakan, hal ini kerap terjadi karena proyek sudah dipasarkan sebelum dibangun, saat masih berupa gambar.

Irmik mengimbau, jangan sampai pengembang yang wanprestasi, agen yang kena kasus. Karena biasanya konsumen menganggap agen properti sebagai perwakilan pengembang.

“Untuk itu, broker harus pintar-pintar menyikapinya, karena unit belum ada. Jadi, harus ada antisipasi, jangan dipastikan segala sesuatunya. Broker juga harus menyampaikan semua perubahan spek, jadwal, site plan, dan lain-lain, sehingga konsumen mengerti,” tuturnya.

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda