Saluran WC di Kamar Mandi Anda Tersumbat? Atasi dengan 3 Tips Ini

Umumnya, pemilik rumah akan mengatasi wc yang mampat dengan cara menyiram air sebanyak-banyaknya, dengan harapan saluran pembuangan kembali lancar.

Tips Mengatasi saluran WC Tersumbat, wc mampat
Ilustrasi wc mampat. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apakah Hokie People pernah mengalami kesulitan saat menyiram kakus atau wc (water closet) di kamar mandi? Mungkin saja kejadian itu menandakan bahwa saluran wc sedang mampat karena tersumbat sampah tisu ataupun pembalut wanita.

Umumnya, pemilik rumah akan mengatasi saluran wc yang mampat dengan cara menyiram air sebanyak-banyaknya, dengan harapan saluran pembuangan kembali lancar.

Akan tetapi tahukah, bahwa cara tersebut bisa membuat air wc menjadi meluap, bahkan dapat menimbulkan bau tak sedap di area kamar mandi.

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Berencana Membangun Kamar Mandi

Lalu, bagaimana cara mengatasi saluran wc mampat secara tepat? Berikut ini kami hadirkan beberapa tips agar saluran pembuangan itu kembali lancar.

Lancarkan dengan baking soda dan cuka
Kolaborasi baking soda dan cuka memang bisa mengatasi beragan masalah yang terjadi pada hunian. mulai dari sekedar membersihkan kotoran yang menempel di perabotan, hingga mengatasi saluran wc tersumbat.

Caranya, Hokie People cukup taburkan satu cangkir baking soda ke permukaan air wc dan biarkan hingga mengendap. Kemudian, tuangkan dua cangkir cuka.

Baca Juga: Hilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi Dengan Bahan Alami

Ketika kedua bahan tersebut dicampurkan, Anda akan melihat gelembung-gelembung. Reaksi itu merupakan pertanda kedua bahan tersebut sedang bekerja menghancurkan sampah yang menghambat. Biarkan selama satu malam, lalu siram hingga bersih. Maka, saluran pembuangan akan kembali lancar.

Gunakan sabun pencuci piring dan air panas
Untuk mengatasi saluran wc tersumbat, Anda juga bisa lho menggunakan sabun pencuci piring. Akan tetapi cara ini ampuh karena sumbatan kertas atau tisu.

Caranya, tuang sabun cuci piring cair ke dalam toilet, kemudian tuang air panas. Diamkan selama beberapa menit, lalu siram. Reaksi sabun dan air panas akan membantu melonggarkan saluran wc dan mendorong sumbatan untuk melewati bagian pipa pembuangan.

Selesaikan sumbatan dengan gantungan baju kawat
Jika saluran wc tersumbat akibat benda keras, seperti tutup sikat gigi ataupun mainan anak, Anda bisa gunakan gantungan baju kawat atau selang panjang.

Baca Juga: Kaca Kamar Mandi Tertutup Jamur? Berikut Ini Cara Membersihkannya

Kedua benda tersebut digunakan untuk meraih benda yang menyumbat saluran wc. Usahakan untuk menarik benda keras yang menyumbat. Jangan sampai mendorongnya, karena justru akan membuat benda semakin jauh dari jangkauan.

Selamat mencoba ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda