Samsung Gunakan Bahan Daur Ulang Pada Kemasan Produk Home Appliances

Pada tahun 2030, Samsung Electronics bertujuan untuk menggunakan 500 ribu ton plastik daur ulang dan mengumpulkan 7,5 juta ton produk yang dibuang.

Samsung Electronics, daur ulang plastik
Ilustrasi Samsung Electronics (Foto: Seokyong Lee / Bloomberg News)

RumahHokie.com (Jakarta) – Samsung Electronics mengumumkan bahwa perusahaan akan mulai mengambil langkah-langkah pada tahun ini untuk mengganti bahan kemasan plastik yang membungkus berbagai produk elektronik rumah tangga, dengan kertas dan elemen ramah lingkungan lainnya.

Pihak Samsung Electronics akan mulai menerapkan penggunaan kemasan dengan basis material plastik daur ulang maupun kertas bio-based yang lebih ramah lingkungan.

Kemasan bio-based tersebut digunakan untuk mengemas produk peralatan rumah tangga (home appliances) hingga ponsel serta tablet produksi mereka.

Baca Juga: Rilis Modular Micro LED, Samsung Tawarkan Televisi dengan Ukuran Layar Fleksibel

Dilansir dari siaran pers yang diterima RumahHokie.com, Selasa (29/01/2019), Samsung akan mengganti kantong plastik biasa dengan tas daur ulang bioplastik, untuk melindungi permukaan peralatan elektronik rumah tangga, seperti perangkat televisi dan lemari es.

Cara yang sama juga berlaku untuk melindungi permukaan peralatan pada produk pendingin ruangan dan mesin cuci serta peralatan dapur lainnya.

Sedangkan sebagai pengganti kertas, Samsung hanya akan menggunakan bahan serat yang disertifikasi oleh organisasi lingkungan global seperti Forest Stewardship Council, sebuah program untuk Pengesahan Skema Sertifikasi Hutan dan Prakarsa Kehutanan Berkelanjutan untuk pengemasan pada tahun 2020.

Baca Juga: Samsung Umumkan Pengembangan Home Appliances Berbasis Koneksi 5G

“Kami berkomitmen untuk mendaur ulang sumber daya dan meminimalkan polusi. Kami akan mengadopsi bahan yang lebih ramah lingkungan, bahkan jika itu berarti peningkatan biaya,” ujar Gyeong-bin Jeon, Kepala Pusat Kepuasan Pelanggan Global Samsung Electronics.

Dikatakan oleh Jeon, di bawah kebijakan ekonomi sirkular perusahaan, Samsung Electronics telah menetapkan rencana implementasi jangka menengah untuk hanya menggunakan bahan kemasan kertas yang disertifikasi oleh inisiatif kehutanan pada tahun depan.

Baca Juga: Ecobricks: Ubah Sampah Plastik Jadi Selaiknya Batu Bata

Pada tahun 2030, salah satu raksasa perusahaan elektronik itu bertujuan untuk menggunakan 500 ribu ton plastik daur ulang dan mengumpulkan 7,5 juta ton produk yang dibuang.

Untuk mengubah kemasan produk, perusahaan asal Negeri Ginseng tersebut telah membentuk satuan tugas yang melibatkan para ahli desain, pemasaran, dan  kontrol kualitas untuk ide kemasan yang inovatif.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda