SCG Akan Laksanakan 6 Strategi untuk Dorong Pertumbuhan di Indonesia

Siam Cement Group (SCG )sangat menyadari adanya potensi dan peluang baru dengan meningkatnya pendapatan dari penjualannya mereka di Indonesia.

(Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta)Siam Cement Group (SCG) akan melaksanakan 6 strategi secara proaktif untuk menghadapi tantangan ekonomi global serta mempertahankan daya saing bisnis mereka, khususnya di Indonesia.

SCG sangat menyadari adanya potensi dan peluang baru dengan meningkatnya pendapatan dari penjualannya di Tanah Air.

Pada kuartal III-2018, pendapatan SCG di Indonesia dari penjualan mencapai Rp3,786 miliar atau setara dengan USD260 juta. Jumlah tersebut meningkat sebesar 27% (y-o-y), terutama dari impor dari Thailand.

Baca Juga: Pendapatan SCG dari Penjualan Produk Meningkat 9%

Menurut Roongrote Rangsiyopash, President and CEO of SCG, langkah pertama yang akan dijalankan adalah memperluas peluang ekspor sejalan dengan arus  pasar global yang telah berubah seiring dengan adanya perang dagang.

“Misalnya, ekspor produk kami ke China dan Amerika Serikat sementara perang dagang sedang berlangsung,” tutur Roongrote seperti dilansir dari siaran pers, Senin (05/11/2018).

Ia menjelaskan strategi kedua yang akan dijalankan oleh pihaknya adalah pengelolaan biaya. Contohnya dengan memastikan pasokan batu bara dengan biaya yang lebih kompetitif.

Baca Juga: Melalui AddVentures, SCG Dukung Perusahaan Rintisan di Indonesia

Dengan cara tersebut, menurutnya telah membantu SCG menghemat biaya energi sebesar Rp174 miliar selama 9 bulan terakhir, apabila dibandingkan dengan rencana awal perusahaan.

Selain itu, mereka juga mendorong pemanfaatan energi terbarukan di berbagai pabrik milik perusahaan untuk mengurangi penggunaan energi dengan memasang panel surya.

Lebih lanjut Roongrote menerangkan, SCG juga akan mulai memanfaatkan teknologi digital untuk mendorong efisiensi guna meningkatkan nilai kompetitif, seraya memastikan pertumbuhan perusahaan.

“Kami baru-baru ini melakukan Digital Ventures untuk menerapkan blockchain di dalam sebuah platform procurement yang komprehensif dan berhubungan dengan mitra-mitra dagang perusahaan,” jelasnya.

Baca Juga: Bantu Generasi Muda Indonesia, SCG Berikan 400 Beasiswa Pendidikan

Produsen material semen itu juga fokus pada pengembangan inovasi dan juga Produk & Layanan Bernilai Tambah Tinggi (HVA).

Strategi itu dilakukan guna meningkatkan kualitas hidup konsumen dan pelanggan, serta memastikan keberlanjutan pertumbuhan bisnis di masa mendatang.

Roongrote kembali berujar, pihaknya akan meningkatkan efisiensi modal kerja dengan cara menjaga kesesuaian level dari modal kerja itu sendiri.

SCG juga akan mengevaluasi portofolio investasi serta biaya yang terkait, agar lebih fokus pada proyek-proyek yang mendorong terciptanya penghematan energi.

“Kami yakin dapat memperkuat bisnis di Thailand dan regional, berkat strategi jangka pendek. Arahan dari strategi proaktif, dan strategi jangka panjang yang selama ini telah membantu mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan bagi perusahaan,” tutup Roongrote.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda