Sebelum Beli Rumah Bekas, Tanyakan Ini Kepada Penjual!

Membeli rumah second perlu kecermatan. Untuk memastikan kondisi rumah, Anda dapat mengajukan enam pertanyaan penting ini kepada pemilik rumah.

RumahHokie.com (Jakarta) – Membeli rumah bekas bisa jadi sangat menguntungkan. Apalagi jika si penjual sedang butuh uang.

Kendati demikian, jangan tergiur dengan harga yang miring. Anda juga harus memerhatikan sisi lain, seperti kondisi bangunan, keamanan, legalitas, dan prospek investasi.

Baca: Tips Lengkap Sebelum Membeli Rumah Second

Untuk memastikan kondisi rumah, Anda bisa melakukan survei. Selain itu, Anda juga dapat mengajukan enam pertanyaan penting kepada pemilik rumah:

Mengapa rumah dijual?
Pertanyaan ini sangat penting agar Anda mendapat informasi untuk menentukan harga penawaran yang sesuai dengan kondisi rumah yang sebenarnya.

Kedua, untuk menentukan seberapa besar kebutuhan penjual (mendesak atau tidak) untuk segera melepas rumahnya.

Bagaimana status rumah tersebut?
Legalitas rumah harus ditanyakan kepada penjual! Jangan pernah membeli rumah yang tengah menjadi objek sengketa—meski Anda sudah jatuh cinta pada rumah tersebut. Selain rumit urusan jual-belinya, membeli rumah seperti ini berisiko tinggi.

Ada baiknya Anda mencari tahu lebih dalam dan melakukan cross check sebelum membeli. Lebih baik menunggu informasi sejelas-jelasnya dan lengkap sebelum pembuatan perjanjian, daripada menyesal di kemudian hari.

Baca: Mau Jadi Investor Mumpuni, Pahami 7 Sifat Dasar Properti

Bagaimana kondisi bangunan rumah?
Pertanyaan ini untuk mengetahui semua masalah pada bangunan, baik yang pernah atau sedang terjadi. Hal ini penting agar Anda bisa memerkirakan tindakan dan biaya yang perlu diambil untuk mengantisipasinya. Misalnya terjadi kerusakan dinding, atap, lantai, dan lain-lain.

Berapa biaya maintenance (perawatan) rumah?
Pertanyaan ini diajukan agar Anda mendapat gambaran biaya yang harus dikeluarkan secara rutin, seperti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), tagihan listrik rata-rata, tagihan PAM, serta iuran kebersihan dan keamanan lingkungan.

Kejadian apa yang pernah terjadi di rumah tersebut?
Pertanyaan ini diajukan untuk mengetahui masalah atau kejadian yang pernah terjadi di rumah itu sebelumnya. Misalnya pernah terjadi kematian atau kasus kriminal. Bisa juga rumah tersebut memiliki nilai tertentu, misalnya pernah menjadi tempat tinggal tokoh-tokoh penting.

Bagaimana fasilitas di sekitar lokasi rumah?
Fasilitas sekolah, pasar, supermarket, dan akses yang memadai di lingkungan rumah akan menjadi nilai tambah. Semakin baik dan lengkap fasilitas yang ada, semakin bernilai pula rumah tersebut.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda