Sebelum Mudik, Pastikan Rumah Anda Aman dengan Cara Ini!

Meninggalkan rumah dalam kondisi tak berpenghuni untuk jangka waktu selama mudik, tentu akan menimbulkan perasaan khawatir di dalam diri para pemilik hunian. Oleh sebab itu, diperlukan pencegahan sebelum terjadi musibah yang tidak diinginkan.

rumah aman - gembok - rantai - rumahhokie
(Ilustrasi gambar : nothridgephoto)

RumahHokie.com (Jakarta) Hari Raya Idul Fitri yang akan dilewati beberapa hari lagi menjadi momentum bagi hampir seluruh umat muslim di Indonesia untuk melakukan mudik ke kampung halamannya.

Sebagian mereka akan meninggalkan rumah dalam keadaan tak berpenghuni dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meninggalkan rumah dalam kondisi tak berpenghuni untuk jangka waktu selama mudik, tentu
akan menimbulkan perasaan khawatir di dalam diri para pemilik hunian.

Resiko dari musibah pencurian ataupun kebakaran sering kali menjadi hal yang membuat para
pemilik rumah merasa was-was akan keamanan properti miliknya.

Baca Juga : Unduh di Sini: Jalur Mudik Lebaran 2018 Jawa-Bali-Sumatera-Kalimantan-Sulawesi

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan keamanan rumah disaat Anda mudik, Hokie People. Berikut ini ada beberapa tips dalam menjaga keamanan rumahsaat mudik lebaran.

Jangan lupa untuk mengunci semua pintu dan jendela kunci
Hal terbaik yang bisa Anda lakukan sebelum meninggalkan rumah adalah mencegah kondisi terburuk akan terjadi dengan mengunci semua pintu dan jendela yang ada di hunian.

Kontrol setiap pintu dan jendela, pastikan mana saja yang kira-kira harus dipasangi kunci pengaman ganda. Jika sudah, jangan lupa untuk memberikan kunci cadangan kepada saudara yang bisa Anda percayai. Dengan begitu, apabila terjadi sesuatu hal, rumah bisa segara diakses.

Mintalah bantuan tetangga ataupun saudara
Tentunya Anda akan merasa lebih tenang jika ada orang yang menjaga rumah pada saat berpergian.

Anda bisa minta tolong ke tetangga dekat, untuk sekedar memantau kondisi rumah selama ditinggal. Namun, apabila memiliki sanak-saudara yang rumahnya dekat dengan Anda dan tidak pulang kampung, jangan sungkan untuk meminta bantuannya untuk sementara menjaga.

Baca Juga : 5 Trik Menghemat Pengeluaran Dana Renovasi Rumah Jelang Lebaran

Pasang kamera CCTV
Untuk memastikan keamanan rumah, kini banyak pemilik rumah mulai menggunakan perangkat kamera CCTV yang dipasang di beberapa titik ruangan di rumah.

Seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini pemilik hunian juga bisa memantau kondisi rumah dari perangkat smartphone melalui aplikasi Smarthome System. Tentunya, hal itu semakin memudahkan Anda dalam menjaga keamanan rumah.

Matikan semua aliran listrik
Sebelum pergi, pastikan pula aliran listrik dari kabel colokan dan perangkat elektronik
telah dicabut. Hal ini, akan mencegah dari bahaya konsleting listrik di rumah Anda. Akan tetapi, jangan lupa untuk menghidupkan lampu di area komunal, seperti teras dan taman, agar rumah Anda terjaga keamanannya.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda