Siap Dihuni, Begini Penampilan Wisma Atlet Kemayoran yang Nyaman

Wisma Atlet Kemayoran Jakarta memiliki berbagai fasilitas yang akan memberikan kenyamanan bagi para atlet dari berbagai negara pada saat Asian Games 2018 berlangsung.

RumahHokie.com (Jakarta) – Setelah melalui tahap pembangunan, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, siap digunakan dalam menyambut para delegasi atlet maupun para awak media dari berbagai negara di ajang Asian Games 2018 pada Agustus mendatang berbagai fasilitas.

Berdasarkan pengamatan di lapangan yang telah dilakukan oleh RumahHokie.com, bangunan yang dikenal pula dengan sebutan Rusun Atlet Kemayoran ini memang terlihat sudah rapi. Hanya nampak pengerjaan sedikit finishing di beberapa bagian saja.

Baca Juga : Rusun Atlet Asian Games Kemayoran Rampung dan Siap Digunakan

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan Wisma Atlet Kemayoran diharapkan dapat menjadi tempat tinggal para atlet yang nyaman selama ajang Asian Games 2018 berlangsung.

Wisma Atlet Kemayoran Jakarta memiliki berbagai fasilitas yang akan memberikan kenyamanan para penghuninya kelak.

“Kami jaga kualitas bahan bangunan dan fasilitas yang ada di wisma ini. Rusun ini juga menjadi pertaruhan nama baik bangsa Indonesia sebagai tuan rumah ajang Asian Games karena ada ribuan atlet dari berbagai negara yang akan menggunakan Rusun ini,” ujar Khalawi.

Pada area fasilitas umum, terdapat halaman parkir, taman yang dilengkapi dengan tempat duduk. Sedangkan untuk bagian kamar, hampir seluruh unit sudah dilengkapi dengan berbagai furnitur bergaya modern minimalis, seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi tamu.

Selain itu, di setiap unit kamar juga sudah dilengkapi oleh penggunaan pendingin udara (AC) serta pada bagian kamar mandinya juga telah dilengkapi pemanas air.

Di beberapa unit, terdapat pula kamar yang dikhususkan untuk atlet berkebutuhan khusus (difabel). Interior pada kamar yang diperuntukan bagi atlet penyandang difabel, memiliki tambahan fasilitas.

Jalur menuju kamar mandi dibuat mudah diakses dengan adanya penambahan jalur untuk kursi roda dan di dalam kamar mandi diberi tiang penyangga.

Baca Juga : Pembangunan Rusun Atlet Kemayoran Lebih Cepat dari Target

Kementerian PUPR membangun wisma atlet sebanyak 10 tower yang terdiri dari tiga tower di  Blok C-2 seluas 135.000 meter persegi dan tujuh tower di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi di kawasan Kemayoran.

Diperkirakan dalam satu unit rusun akan dihuni 3 orang, sehingga wisma atlet ini diperkirakan dapat menampung sebanyak 22.278 orang atlet.

Pasca pelaksanaan ajang Asian Games 2018 nantii, bangunan vertikal ini rencananya akan dimanfaatkan sebagai hunian bagi penduduk Jakarta yang berhak sesuai kriteria yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Diantaranya untuk masyarakat menengah ke bawah dan relokasi permukiman kumuh yang ada di Jakarta.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda