Signify Tawarkan Standar Keselamatan Pemasangan Lampu Tabung LED

Ada dua metode sistem instalasi kabel yang lazim digunakan dalam pemasangan lampu tabung LED, yaitu input berujung tunggal atau input berujung ganda.

Signify Indonesia, Lampu tabung LED
(Foto: dok Signify)

RumahHokie.com (Jakarta) – Signify, perusahaan dunia di bidang pencahayaan, baru-baru ini mengangkat standar keselamatan sederhana terkait dengan lampu tabung LED (TLED).

Melalui sebuah studi yang dilakukan oleh Signify, menemukan bahwa standar yang sering diabaikan ini terkait dengan lampu tabung LED (TLED) yang dipilih oleh 38% pemasang lampu profesional di Indonesia.

Lampu tabung LED yang paling umum digunakan memiliki ujung ganda, yang awalnya dibuat untuk lebih memudahkan pemasangan.

Baca Juga: Terinspirasi Bunga Matahari, Signify Rilis Lampu LED Philips MyCare

Namun, ternyata menurut Signify lampu tabung LED berujung ganda tersebut berpotensi membahayakan pemasangnya.

Ada dua metode sistem instalasi kabel yang lazim digunakan dalam pemasangan lampu tabung LED, yaitu input berujung tunggal atau input berujung ganda.

“Untuk input berujung tunggal, hanya membutuhkan arus listrik dari satu sisi lampu, sedangkan input berujung ganda memerlukan arus listrik yang dialirkan ke kedua sisi lampu,” jelas Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (19/02/2019).

Baca Juga: Philips Lighting Umumkan Niat Mengubah Nama menjadi Signify

Dengan karakter seperti itu, menurutnya pemasang lampu tabung LED ujung ganda memiliki risiko tersengat listrik lebih besar.

Hal itu karena, ketika salah satu ujung lampu telah terpasang di rumah lampu (reng), ujung lampu yang lain akan secara otomatis teraliri oleh listrik, yang apabila tak sengaja tersentuh pemasangnya, tentu akan berbahaya.

“Meskipun tidak semua lampu tabung LED ujung ganda berbahaya, banyak produk yang kurang aman telah memasuki pasar Indonesia. Tentunya ini bisa membahayakan para pemasangnya,” ujar Rami.

Sebagai alternatif, menurut dirinya konsumen dapat memilih lampu tabung LED dengan ujung tunggal yang tergolong lebih aman.

Baca Juga: Signify Terangi Landmark Kota Shanghai dengan 50 Ribu Lampu Terkoneksi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Signify, sekitar 70% pemasang lampu profesional di Indonesia telah merasakan pengalaman buruk dengan produk pencahayaan berkualitas rendah.

Para profesional perlu memahami bahwa mereka memainkan peranan penting dalam proses pencahayaan dan mereka memiliki kesempatan untuk megambil inisiatif dalam mengedukasi para klien.

“Kami melindungi reputasi para pemasang lampu professional dengan memastikan bahwa lampu tabung Philips LED tergolong memenuhi persyaratan dengan sempurna, termasuk jenis input kabel berujung tunggal,” pungkas Rami.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda