Sinar Mas Land dan Citramas Group Kembangkan Kawasan Ekonomi Digital di Batam

Sinar Mas Land dan Citramas Group akan mengembangkan kota berbasis ekonomi digital seluas 8 hektar di kawasan Nongsa, Batam.

Sinar Mas Land, Citramas Group, kawasan digital di Batam
(Foto: dok. Sinar Mas Land)

RumahHokie.com (Batam) – Sinar Mas Land (SML) dan Citramas Group sepakat menjalin kerjasama untuk pembangunan kawasan ekonomi digital di Nongsa, Batam.

Melalui PT AFP Dwilestari (SML) dan PT Taman Resor Internet (Citramas Group), akan mengembangkan wilayah seluas 8 hektar di kawasan Nongsa untuk dijadikan kota berbasis ekonomi digital.

Proyek ini akan dijadikan sebagai ‘Jembatan Digital’ yang menghubungkan Indonesia dan Singapura, yang dapat menarik berbagai perusahaan digital dari dalam negeri maupun mancanegara.

Baca Juga: Hadirkan Nuansa Resort, Sinar Mas Land Rilis Pembangunan Cluster Caelus

Dilansir dari siaran pers, Rabu (27/02/2019), pembangunan proyek bersama ini akan dimulai pada kuartal III-2019, dengan total investasi yang dikeluarkan untuk pengembangan kawasan tersebut mencapai Rp350 miliar.

Untuk komposisi kepemilikan saham di proyek ini, Sinar Mas Land memiliki 50% dan Citramas Group sebesar 50%.

Sinar Mas Land mengatakan, pembangunan proyek ini akan membantu perkembangan ekonomi digital di Batam serta menyediakan sekitar 2.000 lapangan kerja baru di bidang tersebut.

Baca Juga: Cetak Talenta Digital, Sinar Mas Land Berikan Beasiswa Coding untuk Siswa SMA

“Kawasan Nongsa nantinya akan dilengkapi dengan perkantoran dan area penunjang lainnya seperti pusat perbelanjaan, pusat pelatihan digital, sekolah, rumah susun dan rumah sakit,” jelas developer properti tersebut.

Untuk mendukung terwujudnya kawasan ekonomi digital, kedua-belah memiliki rencana pembangunan berbagai fasilitas.

Sinar Mas Land akan membangun Nuvasa Bay seluas 228 hektar di Nongsa, yang merupakan kota mandiri bertaraf internasional. Secara total, mereka akan mengembangkan 6.000 unit hunian kondominium maupun rumah.

Masterplan area ini didesain oleh biro perencanaan ternama WATG dari Amerika Serikat. Dalam pengembangannya, Nuvasa Bay akan dilengkapi water adventure park, kondominium, perumahan dan hotel.

Baca Juga: Joint Venture dengan Kawan Lama, Sinar Mas Land Bangun Pusat Perbelanjaan di Bekasi

Sedangkan Citramas Group, telah membangun Nongsapura Ferry Terminal yang menghubungkan Batam dengan Tanah Merah Singapura.

Selain itu, mereka juga membangun studio animasi dan perfilman Infinite/Kinema Studio, Nongsa Point Marina, Turi Beach Resorts dan Nongsa Village.

Saat ini mereka tengah fokus membangun suatu kawasan megaproyek untuk ekosistem digital di kawasan Nongsa yang merupakan kerjasama antar sektor swasta Indonesia dan Singapura, dikenal sebagai Nongsa Digital Park.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda