Solusi Perumahan yang Jadi ‘Senjata’ Para Calon Kepala Daerah

Berbagai solusi program kepemilikan rumah untuk MBR menjadi 'senjata' yang diusung berbagai peserta calon kepala daerah untuk menggaet simpati publik di daerah pemilihannya.

Program Rumah Murah-RumahHokie.com
Ilustrasi rumah murah. (Foto: Anto Erawan)

RumahHokie.com (Jakarta) – Penyediaan rumah murah untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) menjadi program unggulan beberapa calon gubernur dan walikota/bupati di kontestasi Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di tahun 2018 ini.

Ada beberapa skema yang ditawarkan, misalnya saja program rumah murah dengan DP Nol Rupiah. Program ini menjadi ‘senjata’ yang diusung berbagai peserta calon kepala daerah untuk menggaet simpati publik di daerah pemilihannya dan memenangkan perlombaan politik tersebut.

Selain bidang pendidikan dan kesehatan, solusi kepemilikan rumah murah bagi masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah menjadi jargon kampanye yang kini kian marak disuarakan.

Baca Juga : Pemprov DKI Jakarta Terus Sempurnakan Regulasi DP Nol Rupiah

Contohnya, pasangan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah, Sudirman Said-Ida Fauziyah yang akan mengadopsi Program Rumah DP Nol Rupiah milik Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies-Sandi.

“Saya tidak sebut (sama) tapi itu nanti dalam rangka meningkatkan kesejahteraan buruh,
kita ingin sediakan rumah terjangkau. Itu kan inspirasinya datang dari situ,” katanya seperti
yang dikutip dari laman detiknews.

Wacana kampanye berkaitan dengan kepemilikan hunian bagi masyarakat kecil juga digulirkan oleh Pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan dengan program Rumah DP 1%.

Mereka  berjanji akan menggulirkan program yang dikenal dengan sebutan ImahRempeg  tersebut apabila berhasil terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur di Jawa Barat.

Baca Juga : Ini Syarat Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari Pemerintah

TB Hasanuddin mengatakan, fasilitas perumahan dengan DP 1% nantinya akan dikhususkan untuk kelas menengah kebawah melalui kerjasama dengan perbankan dan berencana memakai aset-aset Pemerintah Daerah (Pemda) yang terdapat disetiap titik Jawa Barat.

Pasangan Aswari Riva’i dan Muhammad Irwansyah dalam Pilkada Sumatera Selatan (Sumsel) juga menawarkan Program Rumah DP 0 Rupiah.

Menurutnya, selama ini masyarakat Sumsel, mengalami kesulitan untuk mendapatkan rumah sendiri, lantaran uang muka yang mahal.

Tak hanya di arena pertarungan Pilgub saja, umbar janji mengenai penyediaan rumah layak
bagi masyarakat kecil juga mengemuka pada Pemilihan bupati (Pilbup).

Calon tunggal Pemilihan Bupati (Pilbup) Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar berjanji akan meneruskan program bedah rumah yang telah adauntuk masyarakat miskin.

Ia mewacanakan, nantinya ada puluhan unit rumah yang akan dibenahi beserta jalan di sekitarnya.

Siapa pun yang terpilih menjadi Kepala Daerah kelak, tentunya harus benar-benar mewujudkan berbagai program yang dijanjikan, terlebih dalam menyediakan rumah murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga mereka bisa lebih sejahtera.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda