Strategi Kolaborasi Marketing dan Pengembang Properti

Pengusaha yang habis waktu memikirkan untuk memenangi kompetisi akan habis dilawan kumpulan para pebisnis yang berkolaborasi menjadi besar.

Kolaborasi-pengembang-broker-properti-rumahhokie-dok
Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com – Dunia kompetisi telah berubah menjadi kolaborasi. Pengusaha yang habis waktu memikirkan untuk memenangi kompetisi akan game over dilawan oleh persekutuan para pebisnis yang menyatu jadi gede.

Sarana hi-tech jaringan telah jadi idiom tak terbantahkan. Hanya rujak serut yang tidak butuh hi-tech tapi cukup pakai serutan seng. Mana ada rujak hi-tech.

Baca Juga: Transfer Ilmu ke Pengembang Properti Muda

Kolaborasi juga melanda dunia properti kita. Hampir tak ada satu pun developer yang jalan sendiri. Dulu Ciputra paling tabu mengajak broker, Metland juga begitu. Tetapi sekarang keduanya merangkul agen properti dan memakai cara-cara jaringan canggih.

Dunia marketing yang identik dengan urusan persepsi dapat pencerahan dari perubahan perilaku ini. Lalu Anda masih berpikir sebagai broker, punya listing disimpan sendiri? Punya proyek cuma pakai tiga orang in-house sales yang nggak jelas track record-nya? Buka kantor broker tanpa bersanding dengan mitra pimpinan yang canggih administrasinya? Bikin proyek cuma dipikirin sendiri di kamar? Berinvestasi tanpa tanya sama ahlinya hanya karena takut rugi angpau?

Baca Juga: Agar Tidak Jadi Pengembang dan Agen Properti ‘Abal-abal’

Di laut saja, ikan teri berkawan dengan terumbu karang. Mereka yang cuma mikirin diri sendiri cocoknya di padang. Padang? Ya, padang pasir.

Kreativitas Anda bakal nihil tanpa mengajak Pungky karena dia tuh akalnya banyak. Dengan akal, Pungky bisa beli rumah tanpa komisi dari transaksi satu pun. Dia cukup bertemu banyak klien dan lanjut dengan WhatsApp: “besok makan siang tetap jadi, kan?” Jleb!

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda