Sukseskan Program Sejuta Rumah, Pemerintah Minta Dukungan REI

Pemerintah mengajak seluruh pengembang perumahan untuk ikut memberikan perhatian pada pembangunan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dengan Ketua Umum DPP REI, Soelaeman Soemawinata (Foto: Ristyan Putra - KemenPUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Untuk menyukseskan Program Sejuta Rumah di 2018 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) meminta dukungan dari para pengembang. Pasalnya, pengembang memiliki peran aktif dalam pembangunan perumahan di Indonesia yang pada gilirannya sangat membantu meningkatkan perekonomian.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pemerintah mengajak seluruh pengembang perumahan untuk ikut memberikan perhatian pada pembangunan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca Juga: Inilah Tiga Kendala Perumahan Rakyat Versi Presiden Jokowi

“Pemerintah juga akan berusaha membuat regulasi yang mampu mengakomodasi berbagai kepentingan baik masyarakat serta dunia usaha lainnya. Yang penting regulasi yang ada bisa dilaksanakan di lapangan dan membawa manfaat bagi semua pihak,” jelas Khalawi saat mengunjungi kantor Dewan Pengurus Pusat Realestat Indonesia (DPP REI) di Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Terkait pembangunan satu juta unit rumah per tahun yang menjadi salah satu target Program Sejuta Rumah, Khalawi menjelaskan pihaknya mengajak berbagai pihak untuk tetap optimistis dan bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Khalawi juga menyatakan pihaknya juga akan menjalin silaturahmi dengan para pengembang yang tergabung dalam berbagai asosiasi pengembang perumahan lainnya. Sebab pemerintah tentunya tidak akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan hunian masyarakatnya.

Baca Juga: Kontribusi Pemerintah dalam Membangun Rumah MBR Hanya 20%

Upaya untuk menjemput bola dan menjalin kerjasama dengan para pengembang di daerah pun akan dilaksanakan oleh Ditjen Penyediaan Perumahan untuk mendorong pelaksanaan Program Sejuta Rumah di daerah. Hal itu dikarenakan kebutuhan hunian tidak hanya terfokus di kawasan perkotaan saja melainkan juga di daerah-daerah.

“Kami juga siap menerima masukan dari berbagai pengembang yang menjadi pelaksana pembangunan di lapangan. Semangat pengembang untuk ikut membangun hunian bagi masyarakat ini harus didukung juga oleh kemudahan perijinan dari Pemda.  Jangan sampai regulasi yang ada harus bisa dilaksanakan di lapangan,” tandasnya.

Idealisme REI
Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Real Estat Indonesia (DPP REI) Soelaeman Soemawinata menyatakan, lewat Program Sejuta Rumah, Pemerintah bekerja keras mendorong pembangunan perumahan bagi masyarakat Indonesia. REI sebagai salah satu asosiasi pengembang, imbuhnya, akan memberikan dukungan terhadap program tersebut.

Baca Juga: Bantu Pengembang Daerah, “REI Finance” Dibesut

“REI adalah mitra pemerintah dalam Program Sejuta Rumah. Meskipun kami fokus dalam bisnis properti, namun kami juga memiliki idealisme untuk membangun bangsa Indonesia melalui pembangunan perumahan bagi MBR,” kata pria yang akrab disapa Eman ini.

Sebagai informasi, berdasarkan data Kementerian PUPR, per 31 Desember 2017 total capaian Program Sejuta Rumah selama 2017 lalu mencapai 904.758 unit. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan pencapaian di 2016 silam, yakni 805.169 unit rumah.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda