Tawarkan Layanan kelas Dunia, IPC Car Terminal Lakukan IPO di 2018

Selain menajamkan visi untuk menjadi pengelola terminal kendaraan berkelas dunia, PT Indonesia Kendaraan Terminal juga berencana melakukan IPO di 2018.

Tawarkan Layanan kelas Dunia, IPC Car Terminal Lakukan IPO di 2018
"Untuk dapat mencapai visi perusahaan, IKT meletakkan lima pondasi," kata Direktur Utama PT IKT, Chiefy Adi (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Di bawah manajemen baru, PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) IPC Car Terminal menajamkan visi untuk menjadi pengelola terminal kendaraan berkelas dunia.

Untuk itu, anak usaha Pelabuhan Indonesia II (Persero) ini melakukan transformasi bisnis dan budaya di lingkungan perusahaan.

“Ada beberapa hal yang harus terpenuhi, yakni image perusahaan, infrastruktur modern, dan sistem yang terintegrasi,” demikian penuturan Direktur Utama PT IKT, Chiefy Adi, kepada awak media, Selasa (8/8/2017).

Baca Juga: Perusahaan Kanada Kucurkan Investasi di Sektor Pergudangan Indonesia

Selain itu, untuk menjadi terminal kendaraan yang unggul, harus menerapkan standar operasional terbaik, memiliki produktivitas tinggi, menerapkan international best practice, dan zero accident,” lanjut Chiefy.

Untuk dapat mencapai visi perusahaan, IKT meletakkan lima pondasi, pertama memaksimalkan nilai tambah bagi seluruh stakeholder secara berkesinambungan dalam rangka meningkatkan perekonomian.

Kedua, implementasi customer centric, integrity, nationalism, team work, dan action (disingkat CINTA) kepada para karyawan.

Ketiga, menerapkan corporate character yang minim birokrasi, profesional, modern, dan lebih friendly.

Baca Juga: Laris Manis, Surya Semesta Perkasa Kembali Rilis Rumah-Gudang

“Keempat, kami melanjutkan program-program perusahaan yang sudah  baik (going concern), mengutamakan tata kelola yang baik dalam menjalankan program perusahaan (governance), menyelesaikan program-program perusahaan yang belum selesai (pending matters), dan mengembangkan bisnis perusahaan (business development).

Kelima, melakukan corporate culture transformation dengan tagline “Dengan CINTA, satukan langkah wujudkan kerja nyata IPC Car Terminal berkelas dunia”.

Suasana kantor IPC Car Terminal (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)
Suasana kantor IPC Car Terminal (Foto: Anto Erawan – RumahHokie.com)

IPO Semester I-2018
Di samping itu, IKT akan dijadikan sebagai bagian dari industri otomotif nasional, agar industri otomotif nasional dapat memiliki daya saing dan berkiprah di pasar internasional.

Chiefy menjelaskan, kinerja operasional dan keuangan PT IKT per Juli 2017 naik signifikan dibanding periode yang sama di Juli 2016.

“Kunjungan kapal tumbuh 114%, pendapatan tumbuh 142%, sementara laba tumbuh 250%,” ujarnya.

Lebih lanjut, Chiefy memaparkan, PT IKT akan melantai di bursa dengan melakukan Initial Public Offering (IPO) pada Semester I 2018.

“Kami akan melepas saham sekitar 30% dengan target dana sebesar Rp1 triliun,” katanya.

Di 2017 ini, IKT menargetkan pendapatan sebesar Rp375 miliar dengan laba bersih diperkirakan Rp150 miliar.

Dalam waktu dekat, IKT juga merencanakan membangun terminal satelit di Belawan, dan dilanjutkan di daerah lain seperti di Dumai, Semarang, Makassar, Palu, dan Bitung sebagai pengembangan usaha dengan perkiraan investasi Rp900 miliar.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda