Tiga Bahan Makanan Ini Ampuh Bersihkan Lumut di Dinding dan Lantai

Beragam cara dapat dilakukan agar lumut tak lagi menempel di permukaan dinding ataupun lantai selasar. Salah satunya dengan penggunaan bahan alami yang terdapat di dapur.

tips membersihkan lumut di dinding rumah
(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Terpapar air hujan terus-menerus akan membuat beberapa bagian rumah, seperti dinding eksterior serta lantai selasar menjadi lembap. Jika dibiarkan begitu saja, akan memicu lumut untuk tumbuh subur.

Sebagai tumbuhan perintis, lumut bisa hidup di mana saja. Bila tumbuhan dengan nama latin Bryophyta itu sudah menutupi permukaan dinding eksterior atau lantai selasar, tentunya akan merusak keindahan hunian.

Nah, oleh karena itu lumut yang sudah terlanjur tumbuh di bagian dinding atau lantai selasar rumah harus segera dibersihkan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Dinding Batu Bata Ekspos

Beragam cara dapat dilakukan agar lumut tak lagi menempel. Salah satunya dengan penggunaan bahan alami yang terdapat di dapur. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pembersih lumut.

Cuka putih
Selain sebagai penyedap rasa pada masakan, ternyata cuka putih juga bisa berguna lho untuk menghilangkan lumut yang susah dibersihkan. Cairan ini sangat cocok untuk digunakan pada bagian lantai dan dinding luar rumah.

Baca Juga: Dinding dan Plafon Rumah Ditumbuhi Jamur? Ini Dia Cara Mengatasinya

Caranya penggunaannya, cukup siramkan sedikit demi sedikit cuka putih ke bagian yang berlumut. Kemudian, sikat dan bilas dengan air bersih. Jangan sampai cuka tertinggal di dinding, karena zat asamnya akan membuat dinding cepat rusak dan keropos.

Baking soda
Dikenal pula sebagai bahan pembuat makanan, baking soda punya kegunaan lain. Dengan sifat asam yang tinggi, bahan ini dapat pula digunakan untuk membersihkan lumut sampai ke akarnya.

Baca Juga: Beberapa Bahan Alami Ini Sanggup Membasmi Tikus di Rumah

Hokie People cukup campurkan air dengan baking soda, lalu gunakan untuk menggosok lantai atau dinding berlumut hingga bersih.

Air garam
Cara menghilangkan lumut yang menempel di dinding atau lantai selanjutnya, bisa dilakukan juga dengan air garam.

Masukkan 3 sendok makan garam dapur ke dalam 2 liter air bersih, lalu didihkan. Siramkan ke lantai atau dinding yang berlumut. Lalu, sikat sampai bersih. Ulangi proses tersebut beberapa kali, agar lumut benar-benar hilang.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda