Tips Broker Properti: Menghitung Komisi, Mengejar Mimpi

Dream catcher bukan hanya kasih motivasi dan tepuk-tepuk tangan. Anda harus mampu memayungi impian mereka menjadi langkah konkret.

tips broker properti menangkap uang duit di atap rumah - rumahhokie - dok
Foto: Diolah RumahHokie.com

RumahHokie.com – Menjadi leader dari sebuah perusahaan marketing, tugas Anda adalah menggelorakan hasrat agar impian jadi nyata. Marketing Anda itu tukang mimpi tapi malas bertindak.

Orang kaya akan bangun tidur, terus menyalakan mobil mewah. Orang miskin menyalakan mobil mewah dulu, baru kemudian bangun. “Eh, ternyata gue mimpi!

Baca Juga: Tips Sukses Melakukan Negosiasi Bagi Broker Properti

Dream catcher bukan hanya kasih motivasi dan tepuk-tepuk tangan. Anda harus mampu memayungi impian mereka menjadi langkah konkret.

Seorang sales yang bilang ingin beli Xpander akan Anda diskusikan caranya. Mobil Xpander harganya Rp200 jutaan. Jika belinya enam bulan lagi, maka komisi sebulan harus mencapai Rp35 juta.

Baca Juga: Penting! Perhatikan Hari-hari Baik Dalam Memasarkan Properti

Bila komisi split 50:50 pada kisaran 2% tanpa potong royalty, maka konstanta pengali adalah (100:50) × (100:2) = 100. Artinya, closing bulan itu harus 100 x Rp35 juta = Rp3,5 miliar.

Nah, dari sini dikupas berapa jumlah listingnya, berapa kisaran harganya, seberapa bermutu database-nya, dan lain-lain. Diskusikan berdua sebagai layaknya seorang ayah yang membimbing anaknya belajar baca-tulis.

Baca Juga: Tips Bagi-bagi Komisi Agar Agen Properti Tak “Berkelahi”

Ini namanya pemimpin kantor yang bisa membuat peta jalan bagi sukses anak buahnya. Jadi pemimpin dari gugus marketing properti itu harus tahu kualitas timnya. Dari sini dia tahu cara membina atau membinasakan.

Kalau Anda hanya mampu menilai ini good and bad tanpa tahu bagaimana membentuk, maka Anda yang akan binasa. Hanya Pungky yang nggak butuh strategi jualan. Dia cukup bersolek dan closing.

Tapi Pungky juga seorang pemimpi, maka Anda akan cari di mana Pungky. Catch her dream!

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda