Tips Feng Shui: Mengatur Sirkulasi Udara di Dalam Rumah

Kenyamanan merupakan hal penting dalam pengaturan feng shui. Jika rumah tersebut tidak nyaman, maka feng shui rumah kurang baik.

interior rumah - johor bahru - feng shui - ventilasi - sirkulasi udara - anto erawan - rumahhokie-dok

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Untuk mengetahui baik-buruknya feng shui sebuah rumah, ternyata tak terlalu sulit. Caranya mudah, cukup rasakan kenyamanan di dalam rumah tersebut.

Kenyamanan merupakan hal penting dalam pengaturan feng shui. Jika rumah tersebut tidak nyaman, maka feng shui rumah kurang baik.

Baca Juga: Pintu Masuk Rumah Sesuai Aturan Feng Shui

Salah satu faktor yang membuat rumah nyaman adalah sirkulasi atau ventilasi udara dalam rumah. Pergerakan udara secara alamiah dalam setiap ruangan akan membuat rumah menjadi nyaman.

Udara yang bergerak terlalu lambat, mandek, atau bergerak terlalu cepat, bisa membuat berkurangnya kenyamanan di dalam ruangan. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan kecepatan aliran udara yang masuk, sehingga rumah bisa terasa nyaman.

Perhatikan Aliran Udara dalam Rumah
Jika rancangan arsitektur mengatur sirkulasi udara menyilang (cross ventilation), di dalam aturan feng shui tidak demikian.

Ventilasi udara adalah pengaturan ruangan-ruangan yang diletakkan sedemikian rupa, sehingga udara bisa mengalir dari pintu feng shui ke dalam bangunan dan bergerak terus pada seluruh bagian ruangan, baru kemudian keluar melalui salah satu bukaan di ujung sudut ruangan setelah udara mengenai dinding-dinding yang membatasi ruangan tersebut.

Baca Juga: Tips Rumah Nyaman dan Sehat dengan Melihat Pergerakan Matahari

Oleh karena itulah kita sering mendengar dua ruangan dengan pintu yang saling berhadapan kurang baik. Pasalnya, aliran udara masuk dari pintu yang satu langsung keluar melalui pintu lainnya, sehingga beberapa sudut ruangan itu tidak mendapatkan aliran udara.

Ruangan yang aliran udaranya mandek bisa saja dialiri dengan udara sejuk dari AC (Air Condition). Di dalam feng shui tentu saja menggerakkan udara secara buatan (artificial ventilation) merupakan hal yang bisa membuat nyaman.

Baca Juga: Delapan Tips Membuat Ruang Keluarga Ideal Menurut Feng Shui

Tetapi, dua hal perlu diingat: pertama, udara yang bersirkulasi secara daur ulang seperti sistem AC ini berarti memasukkan udara yang sama berulang-ulang, sehingga Chi yang terbawa oleh angin tersebut sudah menurun kualitasnya.

Kedua, udara ini datangnya bukan dari pintu atau jendela rumah (karena tidak bersifat alami), padahal Chi energi yang dalam ilmu feng shui membawa keberuntungan itu datang dari luar masuk ke dalam rumah.

Agar energi Chi yang dibawa aliran udara ke dalam ruangan lebih efektif, ilmu feng shui menganjurkan agar di sekeliling pintu masuk diletakkan tanaman hidup. Vegetasi ini bisa meningkatkan aliran Chi, sekaligus mengeluarkan aura yang bisa menyaring Chi baik ke dalam ruangan.

Proporsi Ruangan dan Perabot
Selain letak pintu, pengaturan ventilasi udara dalam feng shui juga mempertimbangkan proporsi. Besarnya pintu dan jendela dalam suatu ruangan itu perlu mempertimbangkan ukuran dan volume ruangan. Misalnya, ruangan dengan langit-langit rendah proporsinya berbeda dengan ruangan yang memiliki langit-langit tinggi.

Tidak ada aturan yang pasti dalam hal ini, karena seorang arsitek yang mengerti feng shui akan bisa merasakan kencangnya angin yang mengalir di luar bangunan rumah dan bisa memperkirakan ukuran bukaan yang tepat.

Baca Juga: Antisipasi Energi Buruk dalam Ruangan Berwarna Gelap

Aliran udara dalam kamar tidur yang berhubungan dengan udara luar sangat penting. Taman yang hijau di luar ruangan merupakan jaminan yang baik untuk masuknya energi Chi yang berkualitas.

Keberadaan perabot di dalam ruangan juga sangat penting diperhatikan, karena beberapa furnitur yang berbentuk runcing memiliki bentuk yang tidak menguntungkan bagi aliran udara yang membawa Chi.

Saat energi Chi membentuk benda tajam, maka energi Chi ini akan rusak dan menjadi Sha Chi (Chi buruk) yang tidak menguntungkan bagi penghuni rumah.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda