Tips Meletakkan Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Sesuai Feng Shui

Menurut feng shui, kamar mandi harus ada di sektor baik, sementara toilet di sektor buruk. Bagaimana meletakkan kamar mandi atau toilet dalam kamar tidur?

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com (Jakarta) – Peletakan kamar mandi atau toilet di dalam kamar tidur kerap menjadi pertanyaan. Pasalnya, menurut aturan feng shui, kamar tidur harus diletakkan pada sektor yang baik, sementara kamar mandi dan toilet—untuk menekan pengaruh buruk—harus diletakkan pada sektor yang buruk.

Jadi, bisa dimaklumi jika beberapa pembaca bingung, karena di zaman modern ini, hampir semua rumah baru memiliki kamar tidur utama yang dilengkapi kamar mandi. Bahkan, ada pula rumah yang seluruh kamar tidurnya memiliki toilet di dalam.

Baca Juga: Lagi Bangun Rumah? Ini Tips Merancang Kamar Mandi Idaman

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut penjelasannya.  Dalam Teori Feng Shui Delapan Gedung atau Ba Zhai (八宅), semua rumah digolongkan menjadi delapan tipe menurut arah hadap pintu masuk utama dan sandaran kavling di belakang.

Dari kedelapan kategori ini, secara sederhana rumah terbagi menjadi dua kategori yang dinamakan Kelompok Rumah Barat dan Kelompok Rumah Timur.

Baca: Tips Renovasi Rumah Sesuai Aturan Feng Shui

Untuk kelompok Rumah Barat, arah kompas yang baik atau asupicious yaitu Barat, Barat Laut, Barat Daya, Timur Laut. Sektor-sektor yang baik ini terutama untuk menempatkan pintu masuk utama, kamar tidur utama, ruang kerja, dan ruang cetia (ruang sembahyang).

Untuk Kelompok Rumah Barat, arah-arah yang tergolong buruk (tidak auspicious) adalah Timur, Tenggara, dan Selatan.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Material Keramik Cocok Digunakan di Kamar Mandi

Di sisi lain, untuk Kelompok Rumah Timur, arah kompas yang baik atau in-auspicious adalah Utara, Selatan, Timur, dan Tenggara.

Sebaliknya, arah yang buruk (in-auspicious) yaitu Tenggara,Timur, Selatan, dan Utara.

Pada posisi (sektor) yang buruk atau tidak auspicious ditempatkan fungsi-fungsi yang menekan, seperti kamar mandi/WC untuk “membilas” pengaruh buruk, dapur untuk “membakar” pengaruh buruk, serta gudang untuk “membelenggu” pengaruh buruk sehingga tidak tersebar.

Dengan membaca prinsip metode Ba Zhai ini, maka pertanyaan di atas terjawab: fungsi kamar tidur dengan kamar mandi tidak boleh berada di sektor yang sama—kamar tidur di sektor baik, sementara kamar mandi berada di sektor yang buruk.

Contoh Kasus
Apabila bangunan rumah masih dalam tahap perencanaan, tentu saja Anda dapat menyesuaikan peletakan ruang seperti terlihat pada contoh berikut ini:

feng-shui-rumah-kamar-mandi-toilet-rumahhokie-dok

Desain rumah pada gambar di atas adalah untuk kepala keluarga dengan angka Gua/Kua= 4 (Xun), yaitu tergolong sebagai individu dengan kelompok Gua Timur. Tanah yang akan dibangun rumah, kavlingnya menghadap ke Selatan dan bersandar ke Utara.

Baca Juga: Merancang Kamar Mandi dengan Nuansa Tropis nan Menyegarkan

Gua 4 (Xun), menurut Teori Ba Zhai, memiliki arah-arah baik sebagai berikut: (1) Utara, (2) Selatan, (3) Timur, (4) Tenggara. Arah terbaik (Sheng Qi) adalah Utara.

Sedangkan arah-arah buruk adalah: (1) Barat Laut, (2) Barat Daya, (3) Barat, (4) Timur Laut. Sementara arah terburuk (Jue Ming) adalah Timur Laut.

Solusi desain dengan feng shui memperlihatkan kamar tidur utama ada di sektor Utara, sedangkan di sebelahnya adalah sektor terburuk Timur Laut, ditempatkan ruang pakaian (walk in cupboard) dan kamar mandi/WC. Dengan demikian, kamar mandi dan toilet bisa ditempatkan di dalam kamar tidur.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda