Tips Membersihkan Rumah Pasca Tergenang Banjir

Bagi pemilik rumah, luapan air banjir yang masuk hingga kedalam huniannya tentu membuat pusing kepala dan berpotensi menimbulkan kerugiaan materi serta tenaga.

Tips Membersihkan Rumah Pasca Banjir
Lingkungan rumah yang banjir. (Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Banjir menjadi salah satu persoalan yang kerap terjadi ketika musim hujan datang. Bukan salah hujannya, karena rintik-rintik air yang jatuh ke bumi merupakan berkah dari Tuhan.

Akan tetapi berkurangnya lahan tanah untuk menyerap air hujan, tumpukan sampah di saluran pembuangan air dan sistem drainase yang buruklah menjadi penyebab utama banjir.

Bagi pemilik rumah, luapan air banjir yang masuk hingga kedalam huniannya tentu membuat pusing kepala dan berpotensi menimbulkan kerugiaan materi serta tenaga.

Baca Juga: Tips Mengatasi Genangan Air di Rumah Ketika Musim Hujan Tiba

Banjir yang masuk dan menggenang di dalam ruangan akan membawa air kotor yang meninggalkan endapan lumpur serta berbagai kuman dan bakteri ketika genangan sudah surut.

Oleh karena itu, pemilik rumah harus segera membersihkan ruangan-ruangan yang terkena banjir, sebelum kotoran mengering. Berikut ini tips bersih-bersih rumah secara efektif pasca banjir.

Segera bersihkan lumpur
Ketika air banjir di dalam rumah sudah surut hingga sekitar setinggi 5cm, segeralah membersihkan lumpur di lantai rumah dengan menggunakan sekop karet atau sapu ijuk.

Baca Juga: Rumah Panggung, Konsep Hunian Paling Tepat saat Banjir Melanda

Agar maksimal, pindahkan terlebih dahulu perabot furnitur ketempat yang lebih tinggi, sehingga Anda dapat membersihkan seluruh area ruangan.

Bilas lantai dengan air bersih
Setelah endapan lumpur sudah disingkirkan dari ruangan, bilas lantai dengan air bersih. Gunakan selang air bertekanan cukup tinggi untuk menjangkau setiap sudut rumah dan meluruhkan sisa-sisa kotoran yang tertinggal di lantai maupun furnitur yang terendam air banjir.

Baca Juga: Cegah Genangan Air di Lingkungan Rumah dengan Lubang Biopori

Gunakan sikat lantai dan sekop karet untuk membersihkan genangan air yang tertinggal di dalam ruangan.

Pel lantai dengan cairan pembersih disinfektan
Air banjir mengandung berbagai kuman dan bakteri yang dapat menganggu kesehatan anggota keluarga. Oleh karenanya, gunakan cairan pembersih lantai yang mengandung disinfektan hingga beberapa kali, sehingga ruangan benar-benar bersih dari kuman.

Bersihkan perabotan interior yang terkena banjir
Jika lantai ruangan sudah kinclong, bersihkan dan keringkan kursi, meja dan lemari yang masih bisa digunakan. Untuk perabotan interior berbahan kain seperti keset, gorden, taplak, Anda dapat mencucinya dengan menggunakan larutan deterjen dan air panas, agar bakteri tak menempel.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda