Tips Memilih Lampu Taman Secara Efisien dan Tepat

Selain memberi penerangan, lampu taman juga dapat membangun keindahan dan karakter asri pada area taman ketika malam hari tiba.

(Foto : creohouse)

RumahHokie.com (Jakarta) – Untuk mewujudkan tampilan taman di rumah yang indah nan asri diperlukan beberapa elemen penyusunnya. Selain pemilihan jenis tanaman yang cocok ditanami di area sekitar hunian, elemen lampu pada taman juga berperan penting.

Selain memberi penerangan, lampu taman juga dapat memberikan keindahan pada suasana taman ketika malam hari tiba.

Umumnya penerangan untuk taman menggunakan lampu sorot agar memunculkan karakter tanaman dan bangunan di sekitarnya.

Baca Juga : Begini Tips Menghadirkan Taman Belakang yang Asri di Lahan Terbatas

Lalu, apa saja yang menjadi pertimbangan ketika ingin mengaplikasikan lampu taman di rumah kita? Berikut ini beberapa tips saat memilih lampu taman yang bisa Anda contoh.

Pemilihan desain ornamen
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan desain ornamen yang tepat. Ornamen yang dimaksud disini tidak lain adalah tiang lampu itu sendiri.

Acuan yang digunakan adalah konsep dekorasi dari taman yang ingin Anda bangun. Jangan sampai, karena desain yang kurang cocok,menjadi gangguan pada keindahan taman Anda.

Pilih jenis lampu berkualitas
Setelah menentukan desain ornamen yang tepat, lalu pilihlah jenis lampu yang berkualitas baik. Hitung antara luas taman dengan besaran cahaya lampu. Meskipun fungsi lampu tersebut digunakan untuk menyinari lingkungan taman, namun bukan berarti suasana taman tampak seperti siang hari.

Lampu taman yang digunakan cukuplah sebatas memberi pencahayaan temaram. Karena apabila cahaya yang dihasilkan terlalu terang, justru akan merusak keindahan sebuah taman.

Baca Juga : Ciptakan Nuansa Indah di Taman Anda dengan Sepeda Tua

Perhatikan Indeks Proteksi (IP)
Sebelum membeli lampu taman, ada baiknya perhatikan Indeks Proteksi (IP) yang terdiri dari angka 2 digit. Angka yang tertulis di awal merupakan indikator perlindungan terhadap unsur-unsur solid. Batasanya dimulai dari angka 0 hingga 6.

Sedangkan angka kedua mewakili indikator perlindungan terhadap benda cair. Batasannya dimulai dari angka 0 hingga 8. Semakin kecil kedua angka yang dicantumkan, berarti semakin kecil proteksinya.

Hitung pula besarnya daya
Agar penggunaan energi listrik tak terlalu boros, hitung pula besaran daya yang diperlukan untuk keseluruhan area taman di rumah. Hal ini juga dimaksudkan agar Anda dapat dengan mudah memilih transformator yang sesuai.

Selamat mencobanya di rumah ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda