Tips Memperbaiki Kebocoran pada Bak Kamar Mandi

Banyak pemilik rumah tak menyadari, akibat proses pembuatan bak air kamar mandi yang salah dapat menimbulkan masalah kebocoran pada bagian tersebut.

Cara Memperbaiki Bak Kamar Mandi yang Bocor
(Foto: kreasirumah)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pada umumnya, masyarakat Indonesia membuat bak penampungan air bersih yang terbuat dari keramik di kamar mandi hunian mereka. Material tersebut dianggap lebih tahan terhadap paparan air dalam jangka waktu yang lama.

Banyak pemilik rumah tak menyadari, akibat proses pembuatan bak kamar mandi yang salah dapat menimbulkan masalah kebocoran pada bagian tersebut.

Lantas bagaimana cara memperbaiki-nya apabila ada indikasi kebocoran di bak kamar mandi? Simak tips berikut ini yang dilansir dari laman dekoruma.

Cari letak kebocoran bak mandi
Tindakan pertama yang harus dilakukan adalah mencari letak bocor pada bak kamar mandi. Anda dapat menggunakan cara dengan mengisi bak mandi keramik hingga penuh.

Baca Juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Ketika Berencana Membangun Kamar Mandi

Jika air habis tak bersisa, maka sudah dapat dipastikan kebocoran tersebut ada di bagian dasar bak. Namun apabula air masih bersisa, maka kebocoran tersebut kemungkinan ada pada bagian dinding bak.

Lubangi titik kebocoran
Apabila titik kebocoran pada bak mandi terlalu kecil, buatlah lubang sedikit lebar. Hal itu agar proses penambalan dapat dilakukan dengan mudah dan maksimal. Gunakan cutter (pemotong) atau benda tajam lainnya untuk memperlebar titik bocor tersebut, secara hati-hati serta secukupnya saja.

Tambal sesuai kerusakan
Kebocoran pada bak air kamar mandi dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalkan saja, keramik yang retak atau pecah.

Baca Juga: Kamar Mandi Transparan yang Hadirkan Area ‘Tak Berbatas’

Nah untuk memperbaikinya, siapkanlah semen, lem fox dan sapu lidi. Ambillah semen abu-abu dan campurkan dengan lem atau ambil saja lem, lalu sisipkan pada bagian yang retak.

Namun, jika kerusakan terletak pada lubang nat bak kamar mandi yang terkelupas, sebaiknya, lepaskan keramik di sekitar nat tersebut. Kemudian, bersihkan bagian dindingnya.

Setelah itu, lapisi permukaan dinding dan rekatkan kembali keramik yang tadi telah dilepas dengan menggunakan semen dan gunakan campuran semen putih dan lem untuk menambal nat pinggiran keramik.

Baca Juga: Hilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi Dengan Bahan Alami

Lapisi dengan pelapis waterproofing
Setelah plesteran keramik seluruhnya mengering, lapisi bagian bak mandi dengan pelapis anti-air (waterproofing) pada seluruh permukaan bagian dalam bak mandi. Untuk pinggiran bawah serta sudut bak atau rongga yang cukup besar, gunakan serat fiber.

Selamat mencoba, ya Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda