Tips Menata Interior Apartemen Bergaya Work Office Home Office

Karena fungsinya yang ganda, mengharuskan sang penghuni jeli dalam mengatur interior hunian dengan gaya WOHO atau SOHO, agar terasa nuansa kenyamanannya.

Ruang Kerja: Dalam ruang ini seperti berada di kantor sungguhan. Atmosfer yang terbentuk sempurna. Untuk membedakan ruangnya, sang arsitek hanya menghadirkan pembatas dinding kaca. Sangatlah privasi untuk dijadikan sebuah ruang kerja yang menawan. (Foto: Dedy Mulyadi - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Tuntutan akan permintaan hunian yang tidak hanya berfungsi sebagai tempat tinggal, namun juga menjadi ruang kerja semakin meningkat. Hal itu tak terlepas dari pola hidup masyarakat perkotaan yang cenderung dinamis serta mengutamakan mobilitas yang cepat.

Banyak pengembang apartement memberikan solusi akan tuntutan masyarakat perkotaan tersebut dengan membuat hunian bergaya Work Office Home Office (WOHO) atau Small Office Home Office (SOHO). Dengan konsep hunian tersebut, sang pemilik bisa menggunakannya sebagai tempat tinggal maupun kantor pribadinya.

Baca Juga: TreeparkCity Tawarkan Kenyamanan Huniannya Lewat Konsep SOHO

Karena fungsinya yang ganda, mengharuskan sang penghuni jeli dalam mengatur interior hunian dengan gaya WOHO atau SOHO, agar kenyamanan dan keindahan hadir di dalam tempat tinggal mereka.

Berikut tips dari Alvin Heryawan, seorang Architect & Interior Designer yang telah menangani
serangkaian proyek mendesain kantor maupun showroom furnitur milik Fabelio di Senayan City ini.

“Kalau ada dua fungsi seperti itu pemilik hunian harus memikirkan layout ruangannya.
Harus ada penegasan dalam pembagian ruang, antara ruang kerja dan ruang beristirahat.
Jangan sampai di sebelah ranjang di pasang komputer. Hal itu akan membuat si pemilik hunian yang seharusnya beristirahat malah kembali bekerja. Begitu pula sebaliknya, jangan sampai di ruang kerja diletakan sofa bed yang memicu pemilik hunian tidak akan bekerja secara optimal,”jelas Alvin Heryawan.

Ia menambahkan, hunian dengan fungsi ganda seperti konsep WOHO atau SOHO, selalu terdapat ruang yang ‘ber-irisan’ (grey area). Sang pemilik hunian bisa berkompromi banyak di area tersebut.

Alvin mencontohkan, misalnya saja di area ruang makan. Ketika siang hari, penghuninya bisa memakai area itu untuk ruang rapat. Di saat malam hari, bisa kembali difungsikan sebagai
ruang makan. Dengan begitu tidak akan mengganggu hidup pemilik hunian sehari-hari.

Baca Juga: Yuk, Ciptakan Ruang Kerja yang Menarik dan Nyaman di Rumah

Ia pun menyarankan sang pemilik hunian berkonsep WOHO atau SOHO juga harus pintar dalam memilih furnitur.

“Pilihlah furnitur dengan ukuran yang tak terlalu besar dan berat, memiliki multifungsi.
Misalkan, pilihlah meja makan yang juga bisa dijadikan meja kerja,” ujarnya.

Baca Juga: Infografis: Hindari 10 Kesalahan Memilih Cat Dinding Rumah

Agar mendapatkan ruangan dengan kesan yang luas dan nyaman, desainer lulusan Universitas Parahyangan, Bandung, memberi saran hendaknya pemilik hunian memilih warna cat yang natural.

Di samping dapat menghadirkan kesan ruangan yang luas, penggunaan warna-warna cat yang natural juga berdampak secara psikologis, sehingga pemilik hunian tidak akan mudah bosan dengan warna cat dinding tempat tinggalnya.

Dengan penataan interior yang benar dan pembagian fungsi ruang yang tegas, pemilik hunian bisa menghadirkan tempat tinggal dan juga ruang bekerja yang nyaman.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda