Tips Menata Pakaian di Lemari Agar Tampil Selalu Rapi dan Bersih

Isi lemari yang tertata dengan rapi, akan memudahkan Anda dalam memilih baju, sekaligus memelihara keindahan pada tampilan interior kamar tidur.

tips Menata Pakaian di Lemari
Ilustrasi penataan pakaian di lemari wardrobe di rumah. (Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Seberapa sering Hokie People menata isi lemari pakaian di rumah? Ternyata, lemari pakaian sangat mudah terlihat berantakan, karena aktivitas mengeluarkan dan memasukkan pakaian lho.

Oleh karenanya, untuk menjaga kerapian isi lemari pakaian yang di salah satu sisi kamar tidur, sempatkanlah untuk menatanya kembali secara rutin, minimal sebulan sekali.

Isi lemari yang tertata dengan rapi, akan memudahkan Anda dalam memilih baju, sekaligus memelihara keindahan pada tampilan interior kamar tidur.

Baca Juga: Begini Tips Hadirkan Lemari Wardrobe yang Menarik di Kamar Tidur

Tak perlu waktu yang lama untuk menata isi dari lemari baju, asalkan Anda tahu langkah-langkahnya. Berikut ini tips menata isi lemari pakaian yang praktis.

Keluarkan pakaian dari dalam lemari
Ketika ingin menata ulang pakaian yang ada di lemari, awali lah dengan cara mengeluarkan semua isinya. Dengan cara ini, Anda bisa sekaligus membersihkan sudut-sudut dalam lemari yang kemungkinan terdapat debu.

Letakkan semua pakaian di tempat datar dan lebar, misalkan ranjang tidur. Di saat lemari kosong, bersihkan bagian dalamnya dengan mesin pengisap debu atau lap.

Singkirkan pakaian yang sudah tidak dipakai
Salah satu faktor yang membuat lemari pakaian terlihat berantakan adalah karena isinya terlalu penuh. Nah, maka dari itu pilihlah pakaian yang Anda anggap sudah tidak terpakai.

Baca Juga: 3 Aspek yang Perlu Anda Perhatikan dari Penggunaan Lemari Wardrobe

Kemudian, singkirkan dari dalam lemari. Jika kondisi pakaian masih bagus, kumpulkan untuk disumbangkan atau diberikan kepada orang lain.

Gantung pakaian jenis tertentu
Agar koleksi pakaian Anda tidak mudah kusut dan rusak, gantunglah jenis pakaian tertentu, seperti jas, celana panjang, gaun panjang, jaket, kemeja formal dan sebagainya dengan menggunakan clothes hanger. Lindungi pakaian yang rentan rusak dengan pembungkus plastik ketika digantung, misalnya gaun berpayet, kebaya, bahan-bahan sensitif lainnya.

Lipat dan susun pakaian secara sistematis
Letakkan pakaian yang sering dipakai, seperti kaus, pakaian rumah, dan celana pendek secara sistematis. Susunlah baju yang sering dipakai di bagian lemari yang mudah dijangkau.

Baca Juga: Tips Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan

Sedangkan, untuk baju yang jarang dipakai bisa diletakkan di posisi tumpukan bawah. Kunci merapikan isi lemari pakaian adalah menempatkan jenis-jenis pakaian tertentu di lokasi yang tepat.

Letakkan kapur barus untuk cegah jamur
Untuk mencegah jamur bertumbuh dan serangga berada di dalam lemari, letakkanlah beberapa kapur barus atau kamper di dalam sudut lemari, sehingga isi lemari pakaian Anda tetap terjaga.

Selamat mencoba di hari libur Anda ya, Hokie People.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda