Tips Menghilangkan Debu dan Kotoran pada Furnitur Rotan

Karakter dari meja atau kursi berbahan dasar anyaman rotan memiliki struktur yang penuh dengan celah-celah sempit. Bagian itulah yang umumnya akan diliputi oleh debu.

Tips membersihkan furnitur rotan
(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Furnitur berbahan dasar anyaman rotan digemari oleh masyarakat luas sejak dahulu. Tampilan rotan yang terkesan natural dan unik, menjadi alasan mereka memilih menghadirkan material alami tersebut pada dekorasi ruangan huniannya.

Meletakkan furnitur rotan di berbagai area rumah, seperti ruang tamu, akan menghadirkan nuansa interior bergaya vintage dan alami. Oleh sebab itu, material alami tersebut masih menjadi salah satu favorit yang digunakan oleh pemilik hunian.

Bahkan, seiring dengan kemajuan teknologi, kini muncul inovasi material rotan sintetis yang digunakan sebagai bahan dasar pembuat produk perabotan rumah, seperti meja, kursi dan lain sebagainya.

Baca Juga: Kenali Material Rotan Sintetis Pada Furnitur Sebelum Menggunakannya!

Karakter dari meja atau kursi berbahan dasar anyaman rotan memiliki struktur yang penuh dengan celah-celah sempit. Bagian itulah yang umumnya akan diliputi oleh debu dan kotoran. Sudah sepatutnya, furnitur anyaman rotan dibersihkan secara berkala.

Akan tetapi, sebelum memulai kegiatan bersih-bersih, pastikanlah terlebih dahulu jenis bahan furnitur yang akan dibersihkan, apakah furnitur yang Anda gunakan, rotan asli atau sintetis. Berikut ini tips untuk menghilangkan debu pada furnitur rotan.

Bersihkan debu dengan vacuum cleaner
Cara pertama membersihkan debu yang cocok untuk diterapkan pada material rotan sintetis maupun rotan asli adalah dengan menggunakan vacuum cleaner.

Baca Juga: Ini Dia Berbagai Jenis Kursi Goyang Penambah Manis Ruangan

Anda dapat menggunakan mesin pengisap debu dengan ujung pipa berbulu panjang untuk menjangkau debu dan kotoran di celah-celah anyaman. Lakukanlah proses penyedotan hingga berulang kali. agar tidak melepas jalinan anyaman rotan, hindari menekan permukaan anyaman terlalu keras.

Singkirkan debu dengan sikat gigi
Untuk membersihkan sisa debu yang tidak terjangkau oleh vacuum cleaner, Anda dapat memakai sikat gigi bekas dengan bulu-bulu yang masih tegak. Basahi terlebih dahulu bulu-bulu sikat gigi, kemudian gosok pada bagian celah furnitur rotan yang masih terdapat kotoran.

Gunakan larutan detergen untuk membersihkan
Rotan sintetis cenderung lebih kuat apabila terkena air detergen dibanding dengan rotan alami. Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan larutan detergen secukupnya untuk membersihkan furnitur rotan sintetis.

Baca Juga: Keren! Rancangan Furnitur Surealis Ini Bisa Multifungsi

Sedangkan pada rotan alami, cukup dilap saja dengan menggunakan kain lembap yang telah diberi larutan detergen.

Jangan lupa untuk mengeringkannya
Setelah dibersihkan dengan air dan larutan detergen, jangan lupa untuk mengeringkannya. Untuk furnitur anyaman berbahan sintetis bisa dikeringkan di bawah sinar matahari langsung.

Sedangkan untuk anyaman berbahan alami, Anda daoat mengeringkannya dengan hairdryer
pada pengaturan suhu dingin atau dengan kipas angin.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda