Tips Sales Properti: Bebek Hanyut dan Tiga Hal Penting Sebelum Closing

“Bebek hanyut” adalah istilah untuk closing pada kasta terendah. Usaha minimal tiba-tiba tamu datang dan langsung kasi DP.

Foto: Diolah RumahHokie.com

RumahHokie.com – Bebek banyak lemaknya sehingga tidak kuat berenang melawan arus. Mudah ditangkap dan digoreng rasa cabe hijau. Apa hubungannya dengan sales properti?

“Bebek hanyut” adalah istilah untuk closing pada kasta terendah. Usaha minimal cuma duduk-duduk di kantor pemasaran sambil main Ball Breaker, tamu datang tiba-tiba dan sedikit bla-bla langsung kasi DP. Bekerja tanpa keringat, tapi saat makan malah berpeluh (karena pedas).

Baca Juga: Apa Persamaan Sales Properti dengan Olahragawan di Indonesia?

Sejatinya, bebek hanyut sah saja, tetapi anggaplah ini sebagai kemurahan Tuhan, jangan sebagai kebiasaan. Floor time di kantor pemasaran memang bergiliran, tetapi tetaplah lebih rajin saat tidak tugas jaga.

Pergilah canvassing dan follow-up. Proses interaksi dengan calon buyer tidak jarang harus dilakukan beberapa kali. Jarang konsumen yang datang nyosor dan lebih ngotot daripada sales-nya.

Baca Juga: Cara Sales Properti Mengidentifikasi Calon Konsumen

Lakukan terus usaha Anda saat tidak floor time, bahkan ketika memasarkan unit-unit yang mudah dijual sekalipun. Jer basuki mawa beya (tiada hasil tanpa usaha) dan itu berlaku bukan hanya kepada Mas Basuki tetapi juga Endang dan Pungky.

Properti memang unik. Konsumen butuh klik pada tiga hal sebelum closing, yaitu Person (sales), Product (konsep/tipe/harga properti) dan Guarantee (kepastian).

Nah, hari-hari ini lagi marak Person yang pintar memasarkan Product dengan Guarantee yang belum tentu. May be yes, may be no.

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda