Tips Sukses Melakukan Negosiasi Bagi Broker Properti

Negosiasi punya banyak taktik, tapi semua harus berdasar pengetahuan yang baik. Anda harus serba paham banyak hal, sehingga otak harus diisi terus agar tidak habis ilmu.

Tips Sukses Melakukan Negosiasi Bagi Broker Properti-02
Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com – Di Facebook sebelah diunggah sebuah cerita lucu dan segar. Ada Depot Jet Li, tapi fotonya dipampang Jackie Chan. Tapi yang protes bilang: “gua nggak habis pikir, kok ada yang nggak bisa bedain Jet Li dengan Jack Ma”. Hancur dah. Ngakak abis. Dunia joke memang dahsyat, asal jangan dibawa ke ruang negosiasi.

Negosiasi punya banyak taktik, tapi semua harus berdasar pengetahuan kita yang baik. Kita harus serba paham banyak hal sehingga otak harus diisi terus agar tidak habis ilmu.

Baca Juga: Tips Bagi-bagi Komisi Agar Agen Properti Tak “Berkelahi”

Jangan kita suka nggak nyambung. Mengamati situasi ya boleh saja, meski jangan jadi kacau. Seperti cerita dalam joke tentang Si Karta yang jalan-jalan ke Amrik dan duduk di sebuah bar.

Ada seseorang yang datang ke bar lalu pesan ke bartender: “Johny Walker, single.”
Datang seorang lagi: “Jack Daniel, Single.”
Ada cewek datang: “pesan Bloody Mary, single”. Single ini maksudnya takaran minum sekali teguk.
Eh, kawan ini pesan: “Karta bin Mahmud, married”. Hahaha…!

Baca Juga: Penting! Perhatikan Hari-hari Baik Dalam Memasarkan Properti

Memang ada broker yang kurang gaul, tapi gampang closing. Duit banyak, cuma nggak pernah karaoke, tapi doyan Smule.

Marketing harus orang-orang yang luwes, terbuka (extrovert), dan rajin berpikir positif. Berpengetahuan luas itu bonus. Sebab konsumen mengandalkan Anda untuk menetapkan pilihan sebelum deal.

Sebagai broker, Anda dilarang bego dan nggak boleh serba gak tahu. Tapi juga jangan kebanyakan sok tahu. Yang pantas saja. Kalau mau minum gaya Amrik, nggak usah sambil bilang “Karta, Married”. Belum ada minuman merek Karta, yang ada Meikarta.

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda