Waspada Saat Musim Hujan, Ini Tips Mengatasi Kebocoran Atap Rumah

Kebocoran pada atap rumah terjadi karena berbagai sebab. Contohnya, posisi genteng rumah yang berantakan atau terdapat bagian genteng yang pecah.

Tips mengatasi kebocoran atap rumah
(Foto: Kannada)

RumahHokie.com (Jakarta)Atap rumah sering kali mengalami kebocoran ketika memasuki musim hujan. Rembesan air yang menetes dari plafon, tidak saja akan mengganggu kenyamanan Anda saat berada di dalam hunian, namun juga bisa merusak keindahan interior rumah kesayangan.

Kebocoran pada atap rumah terjadi karena berbagai sebab. Contohnya, posisi genteng rumah yang berantakan atau terdapat bagian genteng yang pecah.

Lalu, retaknya bagian semen di bawah nok juga dapat menyebabkan bocor pada bagian atap. kontruksi atap yang melengkung pun berpotensi menimbulkan masalah kebocoran.

Baca Juga: Tips Mengatasi Genangan Air di Rumah Ketika Musim Hujan Tiba

Oleh karenanya, memasuki musim penghujan ini ada baiknya jika Hokie People memberikan perhatian ekstra terhadap ‘kesehatan’ atap rumah.

Lalu, bagaimana apabila atap hunian sudah terlanjur bocor? Berikut ini tips mengatasi kebocoran pada bagian atap rumah.

Temukan sumber permasalahan yang menyebabkan kebocoran
Tindakan pertama yang Anda perlu lakukan untuk mengatasi permasalahan atap rumah yang bocor adalah dengan mencari dan menemukan langsung sumber kebocoran. Dengan begitu, Anda dapat menentukan material jenis apa yang cocok untuk menjadi penambal kebocoran.

Baca Juga: Infografis: Tips Menghindari Kebocoran Rumah Saat Musim Hujan

Tambal dengan pelapis anti bocor
Apabila sumber kebocoran berada pada bagian nok atap, maka Anda dapat menambal bagian retak tersebut dengan pelapis anti bocor yang kini banyak beredar di pasaran. Cara ini juga bisa diterapkan pada dak rumah, apabila terdapat bagian yang retak dan menyebabkan air hujan menetes ke dalam ruangan.

Benahi posisi susunan genteng rumah
Kebocoran rumah juga bisa terjadi dari susunan genteng yang berantakan dan menimbulkan celah air hujan untuk masuk. Oleh karena itu, rapikan letak genteng hingga posisi presisi dan lurus. Apabila ditemukan genteng yang rusak atau pecah, segera ganti bagian atap itu dengan genteng yang baru, namun memiliki warna yang sama.

Baca Juga: Intensitas Hujan Meningkat, Yuk Panen Air Hujan di Rumah!

Perhatikan bagian talang seng
Tak hanya genteng saja, bagian talang seng yang rusak seringkali menjadi sumber masalah dari bocornya rumah. Ada baiknya, cek dan perhatikan bagian talang seng.

Apabila terdapat kerusakan, ganti talang seng dengan jenis zink alum yang lebih tahan karat. Sedangkan untuk bagian talang dak, jika ada kerusakan, Anda bisa menambalnya dengan pelapis anti bocor.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda