Wow, Pria Asal Jerman Ini Gunakan Lego untuk Renovasi Bangunan

Melalui proyek seni bernama Dispatchwork, Jan Vormann mencari sisi dinding bangunan yang rusak, lalu mengisinya dengan bongkah plastik Lego berwarna-warni.

Jan Vormann, Lego, dispatchwork
(Foto; Jan Vormann)

RumahHokie.com (Jakarta) – Banyak hal kreatif dan menarik dapat dilakukan dengan menggunakan mainan Lego. Seperti dikerjakan oleh Jan Vormann, seorang seniman asal Jerman, yang memakai bongkah plastik beraneka warna itu untuk memperbaiki bagian permukaan dinding rusak.

Melalui proyek seni bernama Dispatchwork, Jan Vormann mencari sisi dinding bangunan yang rusak, lalu mengisinya dengan bongkah plastik Lego berwarna-warni.

Ia menggunakan pendekatan yang kreatif untuk memperbaiki retakan atau celahan yang ada pada dinding eksterior berbagai bangunan yang ditemuinya.

Baca: Fakta Menarik Seputar Desain Interior Kantor LEGO di Istanbul

Jan Vormann, Lego, dispatchwork
(Foto: Jan Vormann)

Hasilnya, bongkahan Lego tersebut tidak saja dapat ‘menambal’ kerusakan pada permukaan dinding, akan tetapi Vormann juga memberikan tampilan estetika yang menarik pada bangunan lama.

Dilansir dari Appartment Therapy, Vormann telah menggunakan potongan-potongan konstruksi plastik tersebut untuk merevitalisasi ruang di seluruh dunia sejak tahun 2007. Dirinya telah menggunakan ribuan bongkahan Lego untuk proyeknya tersebut.

Seniman ini telah mengunjungi hampir 40 kota di Eropa, Amerika Tengah, Asia, dan Amerika Serikat. Sebagian besar karyanya berada di celah-celah sempit ataupun bagian dinding yang telah retak.

Baca Juga: Terapkan Sistem Precast, Struktur Bangunan Rumah Ini Layaknya Lego

Jan Vormann, Lego, dispatchwork
(Foto: Instagram @janvormann)

Beberapa instalasi perbaikan yang Vormann kerjakan, menggunakan sejumlah batu bata mainan. Sementara di beberapa bangunan, ia telah menggunakan hingga sepuluh kilogram bongkahan Lego.

Pria kelahiran tahun 1983 itu menjelaskan, karya-karya dalam proyek Dispatchwork dibuat sebagai cara berkolaborasi yang unik untuk kembali menikmati ruang publik secara menyenangkan.

Dispatchwork bertujuan untuk mengembalikan kenangan masa kecil dalam bentuk abstrak dan warna-warna cerah, menuju kolaborasi global orang-orang yang tidak saling kenal,” tutur Vormann sepeti dikutip dari Archdaily.

Baca Juga: Ini Lho Kantor Yahoo Pusat Seluas 7,5 Hektar yang Punya Desain Playful

Berbagai karya renovasi‘ yang telah dilakukan Vormann dapat dilihat melalui sebuah laman interaktif serta sosial media miliknya.

Banyak warga dunia merasa terinspirasi dari proyek ‘renovasi’ yang dilakukan oleh seniman ini. Tak sedikit dari mereka pada akhirnya ikut berkontribusi dalam ‘renovasi’ bangunan menggunakan Lego ini.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda